SHARE THIS ARTICLE

Beberapa minggu terakhir ini, seluruh dunia tengah dilanda demam Pokemon Go. Sementara itu, di Jepang yang merupakan negara asal Pokemon sendiri Pokemon Go akhirnya telah dirilis dan dapat dimainkan. Pemerintah Jepang melalui NISC (National center of Incident readiness and Strategy for Cybersecurity) telah mengambil ancang-ancang mengantisipasi peluncuran Pokemon Go di Jepang dengan menerbitkan sebuah poster berisi hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para Pokemon Trainer saat bermain Pokemon Go.

Poster Permohonan Pemerintah Jepang Pada Para Pokemon Trainer di Jepang

Berikut adalah terjemahan dari poin-poin pada poster di atas:

Permohonan pada para Pokemon Trainer

1. Jagalah Informasi Pribadi Anda
Jangan gunakan nama asli saat mendaftar, dan jangan upload foto sekitar rumah anda.

2. Berhati-hatilah akan aplikasi palsu dan cheat tool
Ada orang yang menyelipkan program berbahaya pada aplikasi yang terkenal, jadi gunakan hanya aplikasi dari sumber resmi.

3. Install-lah aplikasi info cuaca
Perhatikanlah keadaan cuaca saat bermain di luar ruangan, dan stop bermain jika sekiranya keadaan cuaca membahayakan anda.

4. Jagalah diri dari sengatan panas
Berjalan lama di bawah terik matahari dapat menyebabkan gejala sengatan panas dan dehidrasi. Minumlah dengan cukup dan gunakan topi atau payung.

5. Bawalah baterai cadangan
Karena permainan seperti ini banyak menghabiskan baterai smartphone, bawalah selalu baterai eksternal dan charger.

6. Siapkanlah jalur komunikasi cadangan
Siapkanlah kartu telepon atau sejenisnya untuk berjaga-jaga jika baterai smartphone habis dan perlu menghubungi keluarga.

7. Jangan memasuki tempat yang berbahaya
Di luar negeri pun banyak kejadian orang tertabrak, jatuh ke danau, atau dirampok saat bermain. Hindarilah tempat di mana hal-hal ini bisa terjadi.

8. Hindarilah ajakan bertemu dari orang yang tidak dikenal
Waspadalah dengan orang yang berpura-pura bermain dan mengajak bertemu. Jikalau harus bertemu pun, pastikan bahwa anda ditemani orang dewasa.

9. Jangan berjalan sambil menggunakan smartphone.
Berjalan sambil menggunakan smartphone dapat menimbulkan berbagai kecelakaan. Berhentilah sejenak saat anda menggunakan smartphone.

Poster yang diberi ilustrasi ala manga ini nampaknya ditujukan terutama pada anak-anak kecil agar mereka dapat bermain Pokemon Go dengan aman dan nyaman, namun juga merupakan petunjuk yang bermanfaat bagi semua Pokemon Trainer yang bermain Pokemon Go dari seluruh kalangan. Jadi, jangan lupa, selalu jaga diri saat berburu Pokemon, ya!

(Text by Nom de Plume)

Source : nisc.go.jp
COMMENT