SHARE THIS ARTICLE

Pada  Sabtu dan Minggu, 5-6 Agustus berselang, Popcon Inc telah sukses menggelar salah satu acara pop culture convention terbesar di tanah air, yaitu Popcon Asia 2017. Japanese Station berkesempatan mengunjungi acara yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center ini, seperti apa sih keseruan acara ini? Yuk simak bersama di bawah ini!

Salah satu daya tarik utama acara ini, tentu adalah banyaknya kreator-kreator berbakat Indonesia yang hadir meramaikan acara ini. Para pengunjung yang sebagian besar tentunya adalah penikmat hasil karya para kreator Indonesia sangat dimanjakan dengan banyaknya booth yang keseluruhannya memakan tempat lebih dari setengah area aula yang digunakan untuk acara ini, yang diisi oleh ratusan kreator Indonesia. Para pengunjung bisa langsung bertemu dengan kreator idolanya, sekaligus membeli karya-karya mereka yang tersedia di booth masing-masing.

Tidak hanya para kreator ilustrasi dan komik saja yang unjuk gigi dalam acara ini. Banyak juga booth game-game buatan Indonesia yang hadir di acara ini, dan para pengunjung dapat mencoba langsung game-game tersebut, yang tentunya semakin meningkatkan rasa optimis akan perkembangan game karya anak bangsa. Tidak ketinggalan, board game dan card game lokal pun menunjukkan geliatnya di board game arena, di mana banyak pengunjung yang mencoba permainan-permainan tersebut.

Panggung utama Popcon Asia 2017 sendiri tidak pernah sepi. Mulai dari talkshow sekaligus launching karya terbaru dari komikus dan film maker lokal, hingga penampilan-penampilan dari para ikon pop kultur internasional yang sengaja diundang datang ke acara ini, seperti dua generasi pemeran tokusatsu Gavan, Kenji Ohba dan Yuma Ishigaki, talkshow mengenai Kamen Rider bersama Ayano Fujisawa, serta talkshow bersama mangaka yang terkenal dengan karyanya Great Teacher Onizuka, Toru Fujisawa.

Sementara itu, mewakili pop kultur barat, hadir kakak-adik yang menjadi pemeran Ranger Biru pada serial Power Ranger, Peter dan Yoshi Sudarso, talkshow mengenai Mighty Morphin Power Ranger oleh pemeran Ranger Hitam di seri Mighty Morphin Power Ranger Walter Jones bersama cosplayer asal Filipina Chris Cantada.

Selain penampilan pop ikon internasional ini, para pengunjung juga disuguhi berbagai pertunjukan hiburan seperti pertunjukan musik gamelan rock dari GAMELAWAN-GAFAROCK dan penampilan imut para idol dari JKT48 di hari pertama, dan Lumina Scarlet di hari kedua.

Selain itu, sebagai acara yang sangat concern dengan masa depan dan kualitas karya-karya kreator lokal, Popcon Asia 2017 juga telah menyelenggarakan berbagai workshop, baik oleh kreator lokal maupun oleh kreator asal luar negeri, terutama mengenai komik, yang tentunya bermanfaat bagi mereka yang berminat untuk memasuki dunia komik sebagai profesi. Pada event ini juga, Japanese Station untuk pertama kalinya mengumumkan kepada publik mengenai kerjasamanya dengan Comic Catapult dari Jepang.

Demikian keseruan-keseruan yang telah dinikmati oleh para pengunjung Popcon Asia 2017 yang telah dilangsungkan di Jakarta.  Semoga acara-acara berkualitas yang mendukung perkembangan kreator Indonesia seperti ini bisa terus hadir membantu kemajuan kultur pop Indonesia.

COMMENT