SHARE THIS ARTICLE

PM jepang Shinzo Abe

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo, presiden terpilih dalam pemilihan presiden 2014, melalui pembicaraan lewat telepon, Rabu, sekitar 16.35 WIB.

Berdasarkan pernyataan pers yang diterima Antara dari Kedutaan Jepang di Jakarta, Rabu, Perdana Menteri Abe mengucapkan selamat kepada Joko Widodo atas kemenangannya dalam pemilihan presiden 2014.

Abe menyampaikan walaupun persaingan antar pasangan berlangsung cukup ketat, namun proses pemilihan presiden telah berlangsung dengan lancar. Hal ini menunjukkan kematangan demokrasi di Indonesia pada dunia internasional, dan mengucapkan selamat atas suksesnya pilpres Indonesia kali ini.

Lebih lanjut dia juga mengatakan Jepang dan Indonesia merupakan mitra strategis yang memiliki nilai-nilai dasar yang sama seperti kebebasan, demokrasi dan lainnya, dan peran yang dimainkan kedua negara untuk menjaga perdamaian dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan lingkungan keamanan regional.

Dalam bidang ekonomi, Abe menekankan hubungan Jepang dan Indonesia adalah hubungan win-win, saling membantu dan tumbuh bersama. Kebijakan Jepang dalam mendukung pembangunan Indonesia dan tumbuh bersama tidak akan berubah. Jepang bertekad untuk lebih meningkatkan hubungan kemitraan strategis ini dengan bekerja sama dengan Indonesia

Dalam kesempatan yang sama Abe juga mengundang Joko Widodo untuk berkunjung ke Jepang, dalam waktu yang tidak lama setelah dilantik sebagai presiden Indonesia dan menyatakan sangat menantikan bekerja bersama dengan Bapak Joko Widodo.

Sementara itu presiden terpilih Joko Widodo dalam perbincangan dengan Perdana Menteri Jepang menyatakan terima kasih atas ucapan selamat yang disampaikan PM Abe. Joko Widodo mengatakan dirinya sangat menghargai hubungan Indonesia dengan Jepang yang telah terjalin dan akan berupaya untuk mempererat hubungan kemitraan strategis ini.

Dalam kesempatan tersebut Joko Widodo juga mengucapkan terima kasih atas undangan dari PM Abe dan berharap dapat segera berkunjung ke Jepang dalam waktu yang tidak lama.

COMMENT