SHARE THIS ARTICLE

Pada tanggal 23 November 2016, music producer asal Jepang, PinocchioP telah merilis album terbarunya yang berjudul HUMAN. Album ini merupakan album ke-3 yang dirilis music producer berbakat ini.

Album terbaru PinocchioP ini terdiri dari 2 CD. Pada CD pertama, terdapat lagu-lagu yang mempertemukan suara nyanyian PinocchioP, Vocaloid, dan synthetic speech, yang menggambarkan koeksistensi antara manusia dengan hal-hal elektronis. Lagu-lagu seperti ”Everything About Animals”, “SAYONARA HUMAN”, “All I need is Things I like”, ”It’s Matsuri, Hey,come on!” dan “Tonchinkan Feast” dapat ditemukan di sini. Pada CD kedua sendiri terdapat versi aransemen ulang dari lagu-lagu populer karya PinocchioP.

PinocchioP adalah seorang music producer yang memulai karirnya saat ia pertama kali mengupload produksi Vocaloid orisinalnya di salah satu situs video sharing di Jepang. PinocchioP juga terkenal dengan karya-karyanya di bidang grafis dan ilustrasi, juga proyek-proyek merchandising-nya yang sangat banyak.

Pada tahun 2012 ia memproduksi lagu “Gorilla ga Irunda untuk game SOUND VOLTEX BOOTH, dan juga merilis album major debut-nya, Obscure Questions pada tahun yang sama.

PinocchioP menggunakan berbagai macam jenis musik dalam karyanya, dari dance party music yang enerjik dan bersemangat, folk song yang mengundang nostalgia, hingga musik rock yang sensasional. Lirik-liriknya yang cynical dan menggunakan permainan kata yang menarik, selalu berhasil mengundang senyum (dan seringai) para pendengarnya, yang akan tersedot ke dalam dunia magis “Pinocchio World.

graphic1

WAWANCARA DENGAN PINOCCHIOP

Q: Mohon perkenalkan diri anda!
A: Halo, senang bertemu kalian. Saya PinocchioP. Saya biasanya mengenakan topeng, saya sering menggambar dan utamanya, saya membuat lagu menggunakan synthesized speech.

Q: Tolong beritahu kami tema dari album ke-3, HUMAN ini
A: Seperti tercermin dalam judulnya, temanya adalah manusia. Saya harap kalian dapat menikmati keseimbangan antara bagian manusia dan non-manusia di album ini.

Q: Bagaimana perasaan anda mengenai selesainya album ini?
A: Karena album ini adalah satu set yang terdiri dari 2 CD, maka beban kerjanya pun dua kali lipat. Saya lega bisa menyelesaikannya. Saya telah menyusunnya dengan sedemikian rupa, saya harap kalian bisa menikmati tiap detailnya.

Q: Apa lagu rekomendasi anda di Album ini?
A: Tsukimi. Tapi tentunya semua lagu di album ini sangat recommended!

Q: Mengapa anda merekomendasikannya?
A: Karena saya menanamkan pemikiran-pemikiran saya di semua lagu ini!

Q: Tolong ceritakan kisah menarik anda saat mengerjakan album ini!
A: Di buklet liriknya, tergambar sebuah CG manusia, namun bagian (maaf) buah dadanya terlihat mencolok. Di versi audition movie, gambar itu menjadi hitam-putih, dan malah makin terlihat mencolok.

Q: Apakah anda pernah manggung di Indonesia?
A: Tidak

Q: Apakah anda ingin mencobanya?
A: Ya! Jika ada yang mau mendengarkan lagu saya, rasanya saya mau pergi ke mana saja. Tapi, saya belum pernah ke luar negeri, dan saya ingin bisa pulang ke Jepang dengan selamat!

Q: Apa hal yang anda sukai tentang Jepang?
A: Saya suka tempat dimana saya dilahirkan. Makanan Jepang juga enak.

Q: Terakhir, adakah pesan untuk orang-orang Indonesia?

A: Hai pendengar setiaku di Indonesia! Terimakasih telah mendengarkan laguku. Saya berharap bisa manggung di sana kapan-kapan. Jika kalian belum pernah dengar lagu saya, saya akan senang jika kalian coba mendengarkannya. Saya tidka terlalu paham situasi sekarang, tapi damai memang the best! Terima kasih banyak!

HUMAN ALBUM TRACK LIST

Disc1

01. The Dawn of Japan
02. Everything About Animals
03. Tonchinkan Feast
04. Cryptid
05. Deracine
06. It’s Matsuri, Hey Come On!
07. The Silence of the Lambs
08. China Girl
09. Crappy Fantasy Days
10. Usora Sera
11. All I Need are Things I Like
12. I’m glad you’re evil too
13. SAYONARA HUMAN

Disc2

01. 1year
02. Nice To Meet You, Mr. Earthling -HUMAN
ver.-
03. At the Mercy of Emptiness -HUMAN ver.-
04. Del Toro’s Eve
05. Kusare-gedou and Chocolate -HUMAN ver.-
06. Common World Domination -HUMAN ver.-
07. hanauta

(All images: PRESS RELEASE)

COMMENT