SHARE THIS ARTICLE
image: asiatraveltoday.com
image: asiatraveltoday.com

Sebuah penerbangan pesawat JAL terpaksa melakukan lepas landas darurat beberapa detik setelah mendarat setelah sebuah mobil berada di depannya pada landasan pacu di bandara Tokushima, Minggu.

Penerbangan 455 dari Bandara Haneda mendekati landasan pacu pada sekitar pukul 11:00 setelah diberi izin untuk mendarat oleh menara kontrol, Fuji TV melaporkan. Namun, saat roda belakang Boeing 767 itu mendarat, sang pilot melihat sebuah mobil putih melaju di landasan sekitar 800 meter di depannya. Sang pilot segera membawa pesawat tersebut terbang kembali dalam rangka untuk menghindari tabrakan. Sekitar 25 menit kemudian, pesawat itu dapat mendarat dengan aman. Tak satu pun dari 67 penumpang dan awaknya mengalami cedera, kata para pejabat bandara.

Menurut Kementerian Transportasi, mobil itu adalah kendaraan pemeliharaan yang keluar untuk memperbaiki lampu landasan pacu yang rusak. Namun, operator menara kontrol lupa tentang hal itu ketika ia memberi izin kepada pilot untuk mendarat.

Biasanya ada empat orang yang bertugas di menara kontrol di hari kerja, tetapi hanya satu pada akhir pekan. Bandara ini digunakan bersama oleh pesawat sipil dan Angkatan Udara yang mengoperasikan menara kontrolnya.

Kementerian Transportasi pada hari Senin telah mengirim dua penyelidik kecelakaan untuk melihat insiden tersebut secara lebih lanjut.

Source : japantoday.com
COMMENT