SHARE THIS ARTICLE

Buku adalah sahabat setia para traveler. Saat traveling, tak jarang mereka membeli bukut untuk teman di perjalanan. Namun jika ke Toko Buku Iwata di Jepang, siap-siap uang 1 juta rupiah untuk memesan buku. Lho kenapa?

1a 093004_foto1
Toko Buku Iwata di Hokkaido (Facebook)

Sebuah toko buku di Hokkaido tengah menarik perhatian masyarakat Jepang. Bagaimana tidak, Anda perlu membayar 1 juta rupiah jika mau pesan buku di Toko Buku Iwata. Bukan tanpa sebab, sang pemilik toko terkenal ahli dalam memilihkan buku.

Sejumlah media Jepang telah meliput Toko Buku Iwata, begitu juga dengan sejumlah video yang beredar di Youtube. Seperti yang dilihat detikTravel dari Facebook-nya, Selasa (13/1/20150, Toko Buku Iwata memberikan harga mahal bagi siapapun yang mau dipilihkan buku oleh sang pemilik.

1b 093013_foto2
Buku yang akan dikirimkan (Twitter)

Sebenarnya tidak ada yang spesial dari Toko Buku Iwata di Sunagawa, Hokkaido. Toko ini memang menjual buku seperti pada umumnya, namun yang berbeda adalah servis yang diberikan. Pemilik toko yang bernama Iwata terkenal ahli dalam memilih buku bacaan.

Bagi siapa pun yang mau dipilihkan buku oleh Iwata, harus membayar 10.000 Yen, atau setara dengan 1 juta rupiah. Iwata sendiri terkenal akan pengetahuannya soal buku. Rumornya, saat masih SMP, Iwata telah membaca habis semua buku di perpustakaan sekolahnya.

Apabila ingin dipilihkan buku oleh Iwata, pemohon harus mengisi pertanyaan yang ada di formulir keterangan pemesan. Penjelasan mengenai pekerjaan sampai buku terakhir yang dibaca akan menjadi dasar pertimbangan buku yang dipilih Iwata.

1c 093024_foto3
Pilihan buku Iwata dihargai Rp 1 juta (Facebook)

Buku yang dipilihkan Iwata pun seringkali tidak biasa, menarik, dan sesuai dengan keinginan si pemesan buku. Namun buku yang dipilihnya terbatas pada buku fiksi dan non fiksi, bukan komik. Untuk urusan komik, Iwata pun memepekerjakan seorang pegawai tambahan.

Ide unik tersebut muncul ketika teman Iwata memberinya 10.000 Yen untuk memilihkan satu buku. Dari situ, Iwata pun mulai menawarkan keahliannya untuk memilih buku. Kebetulan sejumlah media juga meliput aksinya tersebut, sehingga Iwata menjadi dikenal.

1d 093033_foto4
Berbagai buku dan majalah (Facebook)

Terlepas dari cocok atau tidaknya buku pilihan Iwata, banyak orang senang dipilihkan buku yang sama sekali random. Ada kepuasan pribadi ketika Anda menerima buku yang ternyata sesuai dengan keinginan, maupun yang jauh dari ekspektasi.

Toko Buku Iwata sendiri buka dari pukul 09.00-19.00 waktu setempat, dari Senin sampai Sabtu. Tokonya terletak di 2-1-23, Nishi 1-jo Kita, Sunagawa, Hokkaido.

Source : travel.detik
COMMENT