SHARE THIS ARTICLE

Perusahaan Jepang memamerkan alat bantu untuk lansia yang menggabungkan antara popok dan toilet, menghilangkan kotoran sebelum membersihkan dan kemudian mengeringkan penggunanya saat mereka tidur.

Sejumlah perusahaan mengambil bagian dalam International Home Care and Rehabilitation Exhibition minggu ini di Tokyo dan mereka memamerkan peralatan toilet pembersih mereka, yang ditujukan kepada penduduk senior/lansia Jepang.

Wiraniaga mendemonstrasikan bagaimana cup berbentuk huruf U dapat secara pas ditempatkan di antara kaki penggunanya dan terdapat sensor yang akan mengaktifkan mekanisme menyedot bila terpicu.

Kotoran disingkirkan dari tubuh dengan cepat sebelum alat yang berfungsi seperti toilet itu menyemprot area tersebut hingga bersih dan kemudian mengeringkannya.

Cup tersebut terhubung dengan sebuah saluran yang akan membuang kotoran ke penampungan.

“Mesin ini dimaksudkan untuk meringankan beban perawat, terutama pada malam hari, dan juga menjaga orang yang tidur agar tetap bersih,” kata Daizo Igawa, manajer Muscle Corp, saat ia mendemonstrasikan Robohelper, toilet otomatis milik perusahaannya.

Permintaan untuk alat bantu lansia di Jepang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk senior, dan kini kebijakan asuransi publik memungkinkan alat seperti ini untuk disewakan.

Sebuah perusahaan di Tokyo bernama Mammary, yang juga menjual sarung tangan untuk membantu pemeriksaan payudara sendiri, menjual produk Smilet miliknya dengan harga 580.000 yen, sebuah harga yang diakui oleh perusahaan itu sendiri berada di luar jangkauan kebanyakan keluarga Jepang.

“Sekarang Anda dapat menyewa alat ini di bawah program asuransi seharga 3.000 hingga 4.000 yen per bulannya,” kata wiraniaga Yamato Ishitate.

sumber : japantoday.com

COMMENT