SHARE THIS ARTICLE

udon-electricity

Prefektur Kagawa di pulau Shikoku adalah prefektur terkecil di Jepang. Daerah ini terkenal dengan mie udon, di sana terdapat lebih dari 900 restoran udon. Dengan begitu banyak restoran, banyak kelebihan udon yang juga diproduksi, dan biasanya berakhir di tempat sampah.

Tapi sebuah perusahaan bernama Chiyoda Seisakusho, produsen peralatan industri di Takamatsu City, telah menemukan cara baru untuk mengubah makanan yang populer ini menjadi berguna, yaitu menghasilkan listrik!

Perusahaan tersebut mengekstrak bioetanol dari kelebihan mie dan memprosesnya untuk menghasilkan gas metan yang dibakar sebagai bahan bakar untuk menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik. Mereka menjual tenaga listrik ini ke Shikoku Electric Power Company. Menggunakan sekitar 3 ton sampah udon secara tahunan, mereka berharap untuk menghasilkan 180.000 kWh listrik per tahun yang cukup untuk memberi daya pada 50 rumah tangga. Chiyoda juga berencana untuk mulai menerima pesanan untuk membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga mie.

Source: dailyonigiri.com

COMMENT