Perusahaan Arsitektur Jepang Berencana Untuk Membangun Gedung Kayu Tertinggi di Dunia


Gedung Kayu
(featured image : Soranews24)

Apabila mendengar kata gedung pencakar langit yang berada di Jepang, pasti kalian akan diingatkan dengan dua menara ikonik Jepang yang berada di Tokyo seperti Tokyo Tower yang menjulang setinggi 333 meter ataupun Tokyo SkyTree yang mencapai ketinggian 634 meter. Namun rencananya, Jepang akan memiliki gedung pencakar langit baru yang sangat unik. Gedung kayu tertinggi di dunia rencananya akan dibangun di negeri matahari ini.


Perusahaan Sumitomo Forestry yang berkedudukan di Jepang mengumumkan rencana untuk membangun gedung pencakar langit baru beberapa waktu lalu, dan menyebutnya sebagai “Proyek W350“, karena strukturnya setinggi 350 meter dengan perkiraan waktu  selesai pada tahun 2041, sekaligus menandai ulang tahun ke 350 operasi perusahaan tersebut. Asal-usul perusahaan tersebut dapat ditelusuri kembali ke tahun 1691, ketika mereka bertanggung jawab untuk mengelola hutan di samping Tambang Tembaga Besshi di Prefektur Ehime, Shikoku. Kontruksi Gedung kayu tersebut akan terbuat dari gabungan 185.000 kubik meter kayu.

(image : Soranews24)

Menurut perusahaan, tingkat keterampilan dan teknik tingkat tinggi akan dipergunakan dalam pembangun gedung pencakar langit baru ini. Sumitomo akan bekerja sama dengan laboratorium penelitian Tsukuba untuk membangun gedung yang sadar lingkungan atau gedung ramah lingkungan.

Bangunan ini juga merupakan kerjasama Sumitomo dengan firma arsitektur Nikken Sekkei, yang akan membangunan bangunan Hybrid besi dan kayu dengan perbandingan 9:1 antara kayu dan besi. Dengan memanfaatkan struktur tabung penjepit dalam desainnya, baja penguat yang ditempatkan diagonal akan melindungi bangunan dari kekuatan luar seperti gempa bumi dan angin kencang.

Akan ada 70 lantai di dalam gedung ini, dengan toko-toko, kantor, hotel dan ruang hunian di dalamnya, bersama dengan balkon  yang memiliki taman yang berisi satwa liar  yang membentang di seluruh kompleks, untuk menciptakan lingkungan hutan.

(image : Soranews24)

Proyek inovatif ini bertujuan untuk menggantikan beton dan mengurangi tingkat karbon dioksida untuk membuka jalan bagi bangunan yang lebih ramah lingkungan di kota. Gedung pencakar langit kayu merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk menciptakan lingkungan perkotaan dimana manusia dan satwa liar dapat berkembang bersama, menghubungkan makhluk hidup dan memperkuat keanekaragaman hayati di hutan beton negara.

(featured image : Soranews24)

Source : SoraNews24

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
13
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
1
Daisuki!
Kowai Kowai
3
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini