SHARE THIS ARTICLE

Perkenalkan Nao, Robot Teller Bank Pertama di DuniaSetelah teknologi ATM, apa lagi kira-kira mesin yang bisa memudahkan transaksi perbankan Anda? Jawabannya adalah robot teller.

Salah satu bank terbesar di Jepang, Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, sedang mempersiapkan robot menyerupai manusia yang bisa menggantikan teller bank dalam melayani nasabah.

Robot canggih bernama Nao ini akan mulai bekerja di sejumlah cabang Mitsubishi UFJ musim semi mendatang. Robot ini akan bisa menjawab semua pertanyaan nasabah mengenai layanan bank, kata juru bicara Kazunobu Takahara.

Nao berukuran lebih kecil dari teller bank yang biasa, tingginya hanya 23 inci (58 centimeter) dan beratnya hanya 9 pon (4 kilogram).

Kelebihan Nao adalah ia mengerti 19 bahasa. Mitsubishi UFJ berharap ia bisa banyak membantu nasabah asing yang datang berkunjung saat Olimpiade Tokyo 2020.

Pada masa percobaan, hanya satu atau dua Nao yang akan bertugas di kantor cabang. Jumlahnya bisa ditambah jika nasabah merasa terbantu dan puas.

Kami memakai Nao bukan untuk mengurangi jumlah pegawai bank, tapi memanfaatkan teknologi canggih untuk menambah layanan kepada nasabah,” kata Takahara, seperti dikutip CNN, Selasa (20/1/2015).

Selain fasih berbagai bahasa, Nao juga bisa membaca ekspresi muka dan intonasi nasabah. Selain itu Nao mampu menyuguhkan data bank dalam merancang layanan keuangan baru.

Pengembangan robot ini dilakukan oleh Alderbaran Robotics, perusahaan Jepang milik Softbank yang bermarkas di Prancis. Berdasarkan situs resmi Alderbaran, Nao lahir pada 2006.

Sejak saat itu, Nao tumbuh menjadi robot yang mampu melayani, menghibur, dan mengerti manusia, tulis situs tersebut.

Source : finance.detik.com
COMMENT