SHARE THIS ARTICLE

Member terpopuler

Rino Sashihara vs Jessica

Rino Sashihara (lahir tahun 1992) adalah member terpopuler AKB48 saat ini, di mana ia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Senbatsu Sousenkyo 2013. Rino yang akrab disapa dengan panggilan “Sashiko” ini ironisnya justru bukan lagi merupakan member AKB48, namun merupakan bagian dari HKT48. Ia ditransfer ke sister group yang berbasis di Hakata tersebut karena sebuah kasus skandal. Saat ini, Sashiko juga merangkap jabatan sebagai seorang Theater Manager. Walaupun sangat populer di Jepang, member yang satu ini belum terlalu terkenal di kalangan internasional.

Berdasarkan berbagai survei dan jumlah pencarian di internet, Jessica adalah member terpopuler SNSD, unggul tipis dari Yoona. Artis yang lahir tahun 1989 ini memiliki jumlah fans yang sangat banyak, terutama di wilayah Amerika Serikat.

Untuk sektor ini, AKB48 kalah jauh dari SNSD. Jika Atsuko Maeda masih bergabung dalam idol group ini, persaingannya dengan Jessica Jung bisa dibilang berimbang. Dari segi pengalaman dan kualitas album, Jessica menang mutlak dari Rino Sashihara. Jessica sejauh ini sudah merilis 7 solo single, membawakan 23 lagu di luar SNSD, tampil dalam 4 drama televisi, dan menjadi bintang iklan resmi untuk 10 produk. Rino Sashihara baru merilis 2 solo single dan baru akan tampil sebagai karakter utama dalam drama TV “Muse no Kagami” yang akan dirilis tahun 2014 nanti. Apalagi jika membandingkan kualitas kecantikan, kemampuan menyanyi dan tinggi badan, Jessica tampak berada di atas Sashiko.

The Leader (Pemimpin)

Minami Takahashi vs Taeyeon

 

Takamina dan Taeyeon adalah dua sosok yang dikenal sebagai pemimpin dalam grupnya masing-masing. Dari segi usia, Takamina 2 tahun lebih muda dari Taeyeon namun tanggung jawabnya jauh lebih besar. Takamina adalah General Manager dari 48Family, di mana ia harus memimpin ratusan member dari seluruh sister group AKB48.

Baik Taeyeon dan Takamina, keduanya dinilai sebagai member dengan kualitas suara terbaik di grupnya masing-masing. Takamina sudah meluncurkan beberapa single bersama No Sleeves (No3b), sedangkan Taeyeon juga cukup aktif bersama sub-unit TaeTiSeo. Sejauh ini Taeyeon sudah merilis tujuh single, sedangkan Takamina baru meluncurkan satu single berjudul “Jane Doe“. Dari segi pengalaman akting, Taeyeon sedikit lebih unggul karena ia pernah tampil dalam berbagai drama dan film di luar SNSD, bahkan pernah menjadi pengisi suara untuk film animasi internasional, “Despicable Me“.

The cutest member (member paling imut)

Mayu Watanabe vs Yoona

 

Mayuyu dan Yoona mungkin adalah member yang paling populer di dunia maya (dan juga di Indonesia), tipikal wanita Asia ideal yang memiliki wajah imut-imut dan sangat cantik. Yoona empat tahun lebih tua dari Mayuyu, namun Mayuyu satu tahun lebih awal mengawali karir sebagai seorang entertainer profesional. Walaupun sama-sama cantik dan imut, keduanya menampilkan unsur kecantikan yang berbeda. Mayuyu lebih menonjolkan kesan “innocent” dan imut, sedangkan Yoona lebih menampakkan kesan cool dan seksi. Dari jumlah single yang dirilis, Mayu unggul dari Yoona, di mana ia sudah merilis 4 single sedangkan Yoona baru satu. Namun dari pengalaman berakting, Yoona jauh lebih unggul karena ia sangat sering tampil sebagi tokoh utama di drama TV Korea.

Best dancer (dancer terbaik)

Yuko Oshima vs Hyoyeon

Dance” adalah faktor yang sangat vital bagi kedua grup. Di SNSD, Hyoyeon jelas dianggap sebagai dancer terbaik. Gadis kelahiran tahun 1989 ini sudah aktif mengikuti sekolah dance paling top di Korea Selatan sejak masih berusia belasan tahun dan berhasil memenangkan kompetisi Korea’s Idol Dancer yang diadakan oleh Star News. Sebelum bergabung bersama SNSD, ia sudah sering tampil sebagai dancer untuk para selebritis terkenal, di antaranya adalah BoA.

Yuko Oshima yang lahir pada tahun 1988 adalah sosok dancer yang kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Walaupun tidak mengkhususkan diri bersekolah akademi dance seperti Hyoyeon, ia selalu tampak menonjol dalam setiap koreografi AKB48. Yuko selalu melakukan dance dengan energik dan bersemangat, dengan senyuman khasnya yang sangat cerah dan ceria. Peranannya sebagai center dalam “Heavy Rotation” menunjukkan kemampuan dance-nya yang membuat penonton merasa bersemangat saat menyaksikannya. Ia juga berhasil tampil dengan sangat baik dalam berbagai koreografi sulit, contohnya dalam single “UZA“.

Di luar kemampuan dance, Yuko unggul jauh dari Hyoyeon. Yuko adalah pusat perhatian di AKB48 dan sosoknya hingga kini belum tergantikan, sedangkan Hyoyeon cenderung tidak menonjol di antara member SNSD lainnya. Dalam segi akting, Yuko juga menang telak. Ia saat ini dikenal sebagai aktris Jepang paling potensial dan sudah membintangi lebih dari 30 drama dan 16 film layar lebar sejak berkarir di dunia hiburan pada tahun 1996.

Jika kita cermati perbandingan di atas, terlihat AKB48 dan SNSD “menjual” image yang berbeda. AKB48 lebih cenderung menampilkan member-member yang menonjolkan kesan imut-imut, ceria, dan innocent. SNSD sebaliknya, mereka menampilkan anggota dengan kesan cool, cantik, elegan dan seksi. Dari segi popularitas grup, boleh dibilang saat ini AKB48 sedikit unggul. Namun untuk popularitas memberace” (member kunci), AKB48 agak tertinggal terutama setelah Atsuko Maeda graduate, dan penggantinya, Rino Sashihara, masih belum bisa menyaingi kepopuleran Jessica atau Yoona dari SNSD. Terlebih lagi setelah Yuko Oshima, sosok-sosok seperti Takahashi Minami diprediksi akan segera graduate maksimal dua tahun ke depan. Jika AKB48 tidak mampu menemukan member baru yang mampu menggantikan peran Acchan, Yuko, dan Takamina, bisa dipastikan mereka akan kalah jauh dari SNSD di masa depan.

Source: ngidol.com

COMMENT