SHARE THIS ARTICLE

Pameran mengenai karakter tokusatsu terkenal Jepang, Ultraman, akan dibuka 19 Juli 2014 di Toyama Prefectural Museum of Modern Art dan pencipta topeng Ultraman Toru Narita akan hadir di sana sekaligus menjelaskan mengenai topeng yang dibuatnya tersebut.

perancang-topeng-ultraman-jepang

Narita tampak berusaha merancang wajah Ultraman sebaik mungkin mirip dengan manusia dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Saya bertanggung jawab untuk seni awal “Ultra Series” dan membawa karakter yang unik baik Jamira maupun Ultraman. Hal inilah yang membuatnya terkenal tampaknya,” paparnya kepada pers, Kamis (17/7/2017).

Dalam pameran tersebut akan ditampilkan 700 item barang Ultraman termasuk yang lama hingga kini sebagai perbandingan kepada masyarakat pengunjung.

Dengan bahan baku resin, topeng tersebut dibuat perdana dengan ukuran 37,8 cm, lebar 25,6 cm, kedalaman 17,2 cm. Dibandingkan dengan Ultraman yang muncul dalam program ini, mata yang terbuat dari plastik transparan adalah Tsuriaga. Ada sedikit kemiringan curam daripada mata kanan dan mata kiri lebih lanjut.

Masker yang digunakan pada acara itu disesuaikan dengan wajah aktor yang memerankan Ultraman dengan garis rahang yang rapi, topeng asli tersebut memberikan kesan tajam pada bagian dagu.

Akibatnya, topeng baru ini dianggap mirip dengan Ultraman yang disesuaikan dengan lukisan dirinya dalam tahun lalu dan dengan desain asli dari topeng publik pertama Narita di waktu itu yang dekat dengan citra ideal.

Sebagai pahlawan fiksi, memang terlihat alamiah bagaimana dia merupakan makhluk luar angkasa. Mungkin dia telah berpikir serius,” papar Miki Keisuke (35 tahun), kurator museum seni tersebut. Selain itu, sekitar 150 benda dan lukisan monster dan storyboard film, ikut pula dikeluarkan untuk pameran ini dan berjajar di tempat pameran.

Melalui karya yang belum dipamerkan untuk karya-karyanya, bagi yang ingin tahu gambaran lengkap dari artis tersebut dalam mengejar keindahan dapat mengenalnya lebih lanjut,” kata anak tertua Narita, Kairi (44 tahun).

Pameran hingga 31 Agustus 2014 terkait pula dengan ulang tahun ke-130 koran Kita Nippon Shimbun Prefectural Museum of Modern Art.

COMMENT