SHARE THIS ARTICLE

Para penggemar visual kei pasti tidak asing dengan nama SHOXX, majalah visual kei ternama di Jepang yang kerap menampilkan band-band kesayangan. Sayangnya kabar kali ini bukan tentang artis baru yang akan diulas, namun lebih kepada kabar buruk tentang gulung tikarnya majalah ini karena bangkrutnya penerbit.

Seperti dilaporkan Yahoo! Japan, Ongaku Senkasha selaku penerbit dikabarkan mengisi surat pailit per 20 September 2016 dan selanjutnya menghentikan aktivitasnya. Dikabarkan bila perusahaan ini memiliki hutang mencapai 400 juta yen. Padahal Ongaku Senkasha tidak hanya menerbitkan SHOXX, namun juga banyak majalah-majalah musik seperti Pick-up Voice dan ARENA37°C.

SHOXX volume 1 menampilkan ZIGGY sebagai cover.
SHOXX volume 1 menampilkan ZIGGY sebagai cover.

SHOXX sendiri terbit pertama kali di tahun 1990 tepat di bulan Oktober. Di masa-masa itu majalah ini memainkan peran penting mempopulerkan visual kei, di mana informasi tidak bisa diakses semudah saat ini. Sudah banyak band-band besar yang ditampilkan seperti X-Japan, NIGHTMARE, LM.C dan the GazzetE. Terbitan terakhirnya yakni volume 285 menampilkan SuG di sampulnya.

Terima kasih atas semua dedikasinya di dunia visual kei, SHOXX!

Source : jrocknews.com
COMMENT