SHARE THIS ARTICLE
Peneliti Jepang menemukan bahwa ikan bisa berpikir secara logis
Dua ikan cichlid terlihat bertarung selama penelitian di Osaka City University oleh Prof. Masanori Kohda. Masanori Kohda / Osaka City University

Bukan hanya manusia, ternyata ikan juga bisa mengambil keputusan di saat sedang berada dalam situasi tertentu lho, misalnya saat ikan itu menghadapi musuh yang berukuran lebih besar dari tubuhnya. Sebelumnya para  ilmuwan menganggap hanya mamalia dan burung saja yang memiliki kepandaian untuk mengambil keputusan seperti itu, ternyata kini mereka menemukan bahwa ikan juga bisa berpikir secara logis.

Seperti dikutip dari wsj.com, para peneliti Jepang menggunakan ikan cichlid dalam penelitian mereka. Ikan tersebut dikenal  karena kelakuannya yang agresif dalam melawan musuh yang memasuki wilayah mereka. Dalam suatu “tangki arena,” mereka menempatkan dua ekor ikan cichlid jantan yang berukuran sama, yang mereka namai ikan B dan C. Selama 30 menit, kedua ikan itu bertarung. Ikan C lalu kalah dan ditempatkan dalam tangki terpisah namun bisa melihat tangki sebelumnya.

Di tangki sebelumnya, ikan A lalu ditempatkan dan bertarung hingga mengalahkan ikan B. Walau berada dalam tangki terpisah, ikan C terlihat berusaha menghindari ikan A. Menurut Prof. Masanori Kohda, ikan C menganggap dirinya tidak akan menang melawan ikan A yang lebih tangguh dari ikan B. Prof. Kohda berkomentar, “Ikan diyakini adalah hewan yang sederhana, tapi ini menunjukkan bahwa mereka jauh lebih cerdas dalam pengambilan keputusan dari yang diharapkan. Kami hanya mengujinya dengan ikan cichlid, tetapi mungkin jenis ikan lainnya juga akan menunjukkan reaksi yang sama.”

Source : wsj.com
COMMENT