SHARE THIS ARTICLE

16 anpanmanMangaka dan penulis buku bergambar Yanase Takashi, yang lebih dikenal sebagai pencipta dari serial “Anpanman”, menghembuskan nafas terakhirnya di usia 94 tahun pada 13 Oktober lalu jam 3.08 pagi akibat gagal jantung.

Berdasarkan permintaan dari Yanase sendiri, pemakamannya hanya dapat dihadiri oleh kerabat dekat saja, namun rencananya akan diadakan sebuah pertemuan memorial.

Yanase dilahirkan 6 Februaru 1919 lalu di Tokyo. Setelah lulus dari Tokyo Polytechnic High School, ia aktif di berbagai bidang. Ia dikenal sebagai penulis lirik lagu anak-anak “Tenohira wo Taiyou” pada 1961 dan juga merilis sebuah buku bergambar berjudul “Yasashii Lion” pada 1969.

“Anpanman” sendiri baru pertama muncul pada tahun 1973 melalui buku bergambar bulanan “Kinder Book” dan serial animenya “Soreike! Anpanman” mulai ditayangkan di NTV pada tahun 1988. Anpanman menjadi salah satu tokoh yang paling terkenal di Jepang dan Yanase pun telah menerima berbagai penghargaan, salah satunya adalah grand award di Japan Cartoonist Association Awards.

November ini, kumpulan karya Yanase, “Yanase Takashi Daizen”, akan diterbitkan.

Source : tokyohive.com
COMMENT