SHARE THIS ARTICLE
© Yoshito Usui / Futabasha, Shin-Ei Animation Co. Ltd., TV Asahi Corp., 2015 ADK
© Yoshito Usui / Futabasha, Shin-Ei Animation Co. Ltd., TV Asahi Corp., 2015 ADK

Setiap tahunnya, ada film baru dari seri Crayon Shin-chan dan kali ini pemutaran perdananya beralih dari Jepang ke Meksiko. Di Jepang, film berjudul Crayon Shin-chan: My Moving Story! Cactus Large Attack! telah dirilis pada tanggal 18 April, dan kini film tersebut telah diputar di Meksiko. Kepopuleran Shin-chan di Meksiko terbukti dengan datangnya para media lokal di sana dalam acara  pemutaran filmnya di Liceo Mexicano Japonés, sekolah yang tidak biasa baik untuk warga Jepang maupun untuk penduduk setempat yang telah diotorisasi baik oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang maupun Meksiko.

Dilansir dari otakumode.com, ada sekitar 200 orang yang turut berpartisipasi dalam acara pemutaran perdana tersebut, yang terdiri dari para pelajar dan pendamping mereka. Shin-chan sendiri ikut berpartisipasi dalam berbagai kelas, misalnya kelas musik, walau bahasa resmi Meksiko adalah bahasa Spanyol. Saat pemutaran filmnya, para penonton tertawa terbahak-bahak dan bertepuk tangan berkali-kali yang menunjukkan kegembiraan mereka. “Saya senang saya bisa melihat film Shin-chan untuk pertama kalinya,” komentar salah satu penonton setelah pemutaran film tersebut, “Saya sangat senang bahwa mereka memutar film ini di negara asal saya, Mexico,” komentar penonton lainnya.

© Yoshito Usui / Futabasha, Shin-Ei Animation Co. Ltd., TV Asahi Corp., 2015 ADK
© Yoshito Usui / Futabasha, Shin-Ei Animation Co. Ltd., TV Asahi Corp., 2015 ADK

Pada saat yang sama dengan pemutaran filmnya, di Kedutaan Besar Jepang di Meksiko diadakan acara “Friends of Japanese and Mexican Exchange” yang memberikan berbagai penghargaan dengan keinginan agar Jepang dan Meksiko dapat menjadi sekutu yang lebih dekat. “Saya sudah mengenal Shin-chan selama 15 tahun terakhir. Saya sangat senang bahwa saya dapat bertemu dengannya,” ujar pengisi suara Crayon Shin-chan dalam versi Meksiko yang pada upacara tersebut menyanyikan berbagai lagu dengan menggunakan suara Shin-chan yang mengungkapkan kegembiraannya.

Jepang dan Meksiko berbagi persahabatan yang panjang dan sejarah yang telah berlangsung lebih dari 400 tahun, dan akhir-akhir ini banyak bisnis dari Jepang telah maju ke Meksiko. Bahkan di Meksiko, akan ada lebih banyak film Crayon Shin-chan yang dirilis tak lama lagi, sehingga nantikan film-filmnya!” ucap Akira Yamada, duta besar Jepang untuk Meksiko yang berbicara mengenai hubungan antara kedua negara dan mengantisipasi pertukaran budaya lebih lanjut.

Source : otakumode.com
COMMENT