SHARE THIS ARTICLE

double-rainbow-01

Beberapa pengguna Twitter Jepang memosting foto-foto pelangi yang terlihat di Prefektur Ishikawa beberapa hari yang lalu. Namun bukan pelangi biasa yang mereka lihat, melainkan pelangi ganda dengan bentuk lengkungan yang terbalik yang sangat indah. Mereka yang memosting foto-foto tersebut menganggap fenomena itu sebagai tanda keberuntungan, karena pelangi ganda tersebut membentuk lingkaran yang tampak mengelilingi matahari seakan-akan Helios sendiri yang memberi berkah pada manusia dengan dua frisbee kosmik raksasanya.

double-rainbow-02

Tetapi sebenarnya menurut ilmu pengetahuan, fenomena ini bukanlah fenomena cuaca yang aneh dan belum pernah terjadi sebelumnya. Apa yang sebenarnya dilihat oleh para pengguna Twitter itu adalah dua lingkaran cahaya halo berwarna pelangi yang mengelilingi matahari, dibentuk oleh cahaya yang terbias oleh kristal es; dan bukannya merupakan tanda keberuntungan, cahaya halo seperti itu biasanya malah merupakan pertanda akan turunnya hujan.

Namun pastinya kita semua setuju bahwa, fenomena aneh maupun tidak, pelangi terbalik ganda itu merupakan suatu pemandangan yang indah yang mungkin akan membuat sebagian dari kita akan tersenyum dibuatnya.

double-rainbow-03

double-rainbow-04

 

Source : Rocket News 24

COMMENT