SHARE THIS ARTICLE

Pernahkah kalian merasa membutuhkan teman untuk mendengarkan keluh kesah kalian namun seringkali tidak berani untuk datang ke psikolog atau berbicara ke keluarga? Di Jepang ternyata ada profesi untuk hal seperti ini yaitu mendengarkan curhat orang. Berikut cerita Takanobu Nishimoto dan teman-temannya yang sudah berkecimpung lama dalam bisnis ini.

Disebut Ossan, Nishimoto sudah memulai bisnis ini sejak empat tahun lalu. Kini dia sudah memiliki lebih dari 60 ossan yang bekerja untuknya di seluruh Jepang. Para ossan tersebut biasanya berumur antara 45 – 55 tahun dan biasanya sangat sabar mendengarkan keluh kesah pelanggan. Para klien memesannya secara online melalui situs yang disediakan oleh Nishimoto. tarifnya 1.000 yen per jam.

Bagiku layanan ini adalah sebuah hobi yang lebih dari apapun,” jelas pria berusia 48 tahun ini. “Ide ini berawal dari keinginan untuk meningkatkan citra pria seumuran saya, yang biasanya tidak dipandang serius.

Nodoka Hyodo, wanita berumur 24 tahun yang menggunakan jasa Nishimoto. (image: AFP via japantoday.com)
Nodoka Hyodo, wanita berumur 24 tahun yang menggunakan jasa Nishimoto. (image: AFP via japantoday.com)

Para klien Nishimoto ternyata sangat banyak. Sanggup mencapai 30 sampai 40 klien per bulan, di mana 70 persen di antaranya adalah wanita. Sebagian besar kliennya memerlukan waktu satu hingga dua jam untuk didengarkan. Mulai dari seorang nenek berusia 80 tahun, ada juga nelayan yang bosan menunggu tangkapannya, pelajar yang ingin terjun ke dunia hiburan namun tidak didukung keluarga dan karyawan muda yang tidak paham bagaimana berperilaku dengan supervisor-nya.

Bisnis inipun melengkapi pekerjaan unik di Jepang lainnya seperti anggota keluarga palsu atau teman yang bisa disewa untuk acara seperti pernikahan, pemakaman atau pesta.

Bagaimana pendapat kalian tentang pekerjaan unik di Jepang ini?

(Featured image source: How Collect via japantoday.com)

Source : japantoday.com
COMMENT