SHARE THIS ARTICLE

Sebuah patung robot dari anime UFO Robo Grendizer yang dapat digelembungkan setinggi 6,5 meter berdiri tegak di sebuah arena pameran perdagangan internasional di Baghdad, Irak. UFO Robot Grendizer pernah diputar di televisi Irak sekitar tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di sana. Seorang teknisi bernama Evan Omal mengatakan bahwa tidak ada seorang pun di negeri ini yang tidak mengetahui anime Grendizer tersebut.

Grendizer diciptakan oleh Go Nagai (Cutie Honey, franchise Mazinger) pada tahun 1975. Anime tersebut memiliki 74 episode dan menelurkan 3 buah film.

Pameran perdagangan internasional tersebut dimulai sejak tanggal 1 November. Tahun ini, sebanyak 1.500 lebih perusahaan seluruh dunia, kebanyakan dari Eropa, Amerika Serikat dan Turki, turut mengambil bagian dalam pameran ini. Stabilitas yang terus membaik di Irak telah mendorong perusahaan-perusahaan Jepang untuk membuat terobosan besar. Patung anime ini mencerminkan harapan bahwa upaya Jepang akan menonjol.

Pada tahun 2010 dan 2011 lalu, Jepang hanya mendirikan stan-stan kecil saja, dan selama 23 tahun tidak ada area tersendiri untuk Jepang untuk pameran ini sejak Perang Teluk pada tahun 1989 silam. Namun tahun ini, 15 perusahaan turut serta dalam pameran ini, termasuk di dalamnya adalah Panasonic Corp., Canon Inc., Isuzu Motors Ltd. dan Unicharm Corp.

source : ajw.asahi.com, animenewsnetwork.com

additional pic : asahi.com

COMMENT