SHARE THIS ARTICLE

Seperti layaknya cerita dalam manga atau anime dan tokusatsu, saat sebuah kota hancur oleh serangan monster maka para superhero akan segera datang untuk menyelamatkan kota itu dan para penduduknya. Begitu pula yang dialami oleh daerah-daerah di prefektur Miyagi yang baru saja tertimpa bencana gempa bumi, para superhero dari manga, anime dan tokusatsu akan segera mendatangi Miyagi untuk menaikkan moral dan semangat para penduduknya. Para superhero itu berkumpul dalam acara Miyagi International Hero Summit 2012 yang rencananya kali ini akan diadakan di kota-kota Sendai, Matsushima dan Ishinomaki yang merupakan kota-kota yang paling parah terkena bencana. Acara tersebut akan diadakan selama 3 hari, dan terutama ditujukan untuk meningkatkan kembali perekonomian daerah tersebut pasca gempa.

Detil mengenai acara tersebut dijabarkan dalam konferensi pers yang diadakan tanggal 5 Juni kemarin. Beberapa tokoh yang menghadiri konferensi pers tersebut di antaranya adalah Gubernur Miyagi Yoshihiro Murai, pembuat undang-undang dan produser eksekutif acara Shintaro Ito, produser acara Yoichi Komatsuzawa, Staff Eksekutif Sony Pictures Entertainment (Japan) Inc. Noriaki Sano, dan juga dihadiri oleh Ultraman, superhero lokal Miyagi Miraigar dan maskot Miyagi Musubimaru.

Termasuk dalam rentetan acara yaitu undangan untuk 1000 anak di Ishinomaki untuk menonton film terbaru Sony The Amazing Spider-Man, pengumuman pemenang Matsushima Hero Creators Award 2012, dan pemberian special award kepada beberapa pihak, seperti Tsuburaya Productions Co. atas dedikasinya menciptakan seri tokusatsu dan superhero menggunakan special effect tradisional seperti miniatur dan diorama selama lebih dari 50 tahun.

Termasuk pemenang lainnya adalah penyanyi lagu-lagu tokusatsu dan anime veteran Ichiro Mizuki, pengarah seni anime Nizo Yamamoto dan sutradara film-film tokusatsu Keita Amemiya.

sumber : ajw.asahi.com

COMMENT