SHARE THIS ARTICLE

Para pegulat sumo teratas Jepang berparade ke sebuah kuil di Tokyo, hari Rabu (8 Januari) kemarin untuk mengantarkan Tahun Baru dengan acara tradisional menghentakkan kaki.

Dengan menantang cuaca dingin dan hujan, dua “Yokozuna” elit peringkat tertinggi di Jepang, Hakuho dan Harumafuji, yang keduanya merupakan kelahiran Mongolia, memimpin upacara tahunan di kuil Meiji.

Juara sumo Harumafuji, kedua dari kiri, Mongolia melakukan "dohyo-iri" (upacara cincin-masuk) di Kuil Meiji di Tokyo, Rabu. Mendampingi Harumafuji adalah: pedang pemegang Aminishiki, kiri, embun penyapu Takarafuji, hak kedua dan wasit Shonosuke Kimura.
Juara sumo Harumafuji, kedua dari kiri, dari Mongolia melakukan “dohyo-iri” (upacara memasuki ring) di Kuil Meiji di Tokyo, Rabu kemarin. Turut mendampingi Harumafuji adalah: pemegang pedang Aminishiki, kiri, penyapu embun Takarafuji, kedua dari kanan, dan wasit Shonosuke Kimura.

Ritual Shinto ini merupakan bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut.

Hakuho memiliki berat badan 151 kilogram dan tinggi badan 1,93 meter, sedikit lebih tinggi daripada Harumafuji yang memiliki tinggi badan 1,86 meter dan berat badan 133 kg.

Sources :
COMMENT