SHARE THIS ARTICLE

Kata siapa kalau Jepang tidak peduli dengan para penggemar manga atau anime di Internasional? Baru-baru ini, empat penerbit manga raksasa di Jepang (Kadokawa Corp., Kodansha Ltd., Shueisha Inc. dan Shogakukan Inc.) serta satu perusahaan produksi merchandise anime (Animate), telah bersatu mendirikan perusahaan bersama yang bernama Japan Manga Alliance (JMA) untuk mempromosikan produk manga dan anime secara legal di pasaran Internasional.

Photo: The Yomiuri Shimbun
Photo: The Yomiuri Shimbun

Rencananya JMA akan berdiri pertama kali di Bangkok menjelang akhir tahun ini, untuk menjual manga-manga populer di Jepang yang telah ditranslasikan ke dalam bahasa Thailand. Mereka juga telah merencanakan untuk mengembangkan perusahaan ini ke negara-negara lainnya, mulai dari wilayah Asia sampai dengan Amerika Serikat.

Hal ini bukan merupakan yang pertama kali terjadi, Jepang sebelumnya telah mencoba untuk memasarkan manga dan anime secara Internasional, sayangnya sampai sekarang belum ada yang bisa dikatakan cukup berhasil. Kali ini, kolaborasi antara pihak-pihak terkemuka ini diharapkan dapat sukses. Sehingga pada akhirnya para penggemar anime dan manga di seluruh dunia dapat menikmati produk kesayangan mereka. Kalau usaha ini menjadi sukses, JMA dapat menampilkan sebuah terobosan baru dalam komunitas manga dan anime Internasional.

Source : the-japan-news.com
COMMENT