SHARE THIS ARTICLE

Shotaro Ishinomori Mangattan Museum, menghormati karya perintis pembuat manga/anime/tokusatsu, dibangun dengan kerja sama antara pemerintah nasional dengan Kota Ishimaki Jepang pada tahun 2001 silam, dan menjadi salah satu tujuan wisata dengan berhasil menyedot sekitar 180.000 pengunjung tiap tahunnya. Pada saat gempa bumi dan tsunami pada bulan Maret 2011, banyak bangunan di sekitar museum hancur dan fasilitasnya rusak secara substansial. Sebuah video baru dari Tohoku Revival memperlihatkan upaya-upaya yang dilakukan untuk membangun kembali tempat tersebut.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=tL7sGToPywQ]

Upacara pembukaan kembali akan digelar tanggal 17 November.

Museum ini akan ditutup sementara dari tanggal 12 Februari hingga 22 Maret 2013 untuk renovasi. Setelah itu pameran pembaharuan khusus akan dibuka pada tanggal 23 Maret 2013.

Pada tahun 2008, Shotaro Ishinomori secara anumerta diberi penghargaan Guinness World Records untuk kategori komik terbanyak (sebuah kategori yang di dalamnya mencakup manga) yang diterbitkan oleh seorang pengarang untuk karya sebanyak 128.000 halaman, termasuk penciptaan tim superhero Cyborg 009. Pengaruhnya yang sangat kuat membantu mendefinisikan genre live action tokusatsu dengan karya-karyanya termasuk awal dari pahlawan yang dapat berubah wujud, serial Kamen Rider dan Super Sentai – yang di Barat diadaptasi menjadi Power Rangers.

source : crunchyroll.com

COMMENT