SHARE THIS ARTICLE

Banyak negara mengirimkan duta untuk mewakili negara mereka. Di Jepang, mereka telah memutuskan untuk menciptakan duta yang “kawaii” untuk mempromosikan kebudayaan dan musik Jepang.

Di luar Jepang, mungkin tidak banyak yang mengetahui kata “kawaii” namun di kalangan muda mudi di Jepang istilah itu sangat populer. Juga, jika Anda cukup akrab dengan dunia manga, anime atau mungkin tertarik pada budaya Jepang secara umum, pastinya Anda telah mendengar kata/istilah itu.

Tiga duta besar yang dipilih untuk pekerjaan ini adalah Misako Aoki, Yuu Kimura dan Shizuka Fujioka, yang masing-masing mewakili gaya yang sama sekali berbeda.

gaya Misako Aoki mewakili seorang “lolita”
Yuu Kimura mewakili gaya khas wanita muda di Harajuku (sebuah daerah terkenal di Tokyo)
Shizuka Fujioka mewakili gaya gadis pelajar Jepang

Para duta spesial ini aktif berpromosi dalam jangka waktu setahun, mulai bulan Maret 2009 hingga Maret 2010 silam. Setelah presentasi mereka kepada publik, yang digelar di Bangkok, mereka pergi ke beberapa negara.

Salah satu tempat yang dikunjungi oleh para duta ini adalah Hall of Manga di Barcelona, dimana para fans memiliki kesempatan untuk berfoto bersama mereka. Para pengunjung juga dapat menyaksikan dan menikmati peragaan busana dengan masing-masing gaya yang diwakili oleh masing-masing duta.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=9nK-RpDSUkI]

Meskipun pekerjaan menjadi duta itu tidak akan dilanjutkan, namun para gadis tersebut telah mendapat kesempatan bepergian ke berbagai penjuru dunia ke berbagai negara dengan budaya yang berbeda-beda seperti Rusia, Brazil, Korea dan Spanyol.

Untuk saat ini, nampaknya pengalaman tersebut tidak akan segera terulang, karena walaupun mereka telah mengumumkan tur mereka di internet dan berpromosi dengan sekuat tenaga, sayangnya mereka gagal untuk membangkitkan minat yang tinggi di luar lingkaran penggemar budaya Jepang.

source : worldofjapan.net

COMMENT