SHARE THIS ARTICLE
01
Rio bersama Japanese Station

Rio Surya Prasetia adalah seorang fotografer fashion muda berbakat di Indonesia yang mempelajari seni fotografi dan digital desain sejak umur 16 tahun. Rio telah banyak memberikan karya terbaiknya pada majalah-majalah terkenal di Indonesia yaitu pada majalah Cosmopolitan, ELLE, Go Girl, Spice, Weddingku, dan masih banyak lagi.

Hasil karya seni foto-foto Rio bisa dilihat di websitenya di www.rioprasetia.com yang menampilkan karya foto tentang fashion yang dibuat oleh para desainer terkenal, foto tentang karya seni, foto tentang kecantikan, bersama para model dan artis baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan menjiwai perannya pada setiap tema di sesi pemotretan Rio.

Di bulan Februari dari tanggal 13 sampai 28, Rio mengadakan pameran fotografi solo pertama kali yang berlokasi di Hall of Japan Foundation: Gedung Summitmas I Lt. 2 – 3, Jakarta, dan terbuka untuk umum.

Collection Vol:00 – THANK YOU adalah tema dari pameran fotografi Rio, kata Thank You adalah suatu ekspresi yang digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang “thank” – bentuk past tense kata “think“, atau mengingat apa yang telah diperbuat orang lain pada dirinya. Kita mengingat perbuatan baik seseorang, maka kita akan memberikan kata “Thank You“. Untuk angka 00 jika dibaca dalam bahasa Jepang “rei rei”, berarti bowing atau membungkuk yang merupakan gesture untuk mengucapkan terima kasih atau thank you.

13

14

15
Tempat pameran foto yang bersih dan di tata rapi pada setiap bagiannya.

Rio sangat terpengaruh oleh kebudayaan dari Jepang, pada pameran ini terdapat hasil karya foto-foto Rio yang bertemakan manga Jepang seperti Yusuke Urameshi dari Yu Yu Hakusho, Cardcaptor Sakura, XXX Holic, Ghost In The Shell, dan Popcorn.

Itu semua yang adalah sebuah koleksi dan bacaan favorit Rio sejak kecilnya dan kini menjadi inspirasi pada karya-karyanya. Rio mengaitkan unsur-unsur budaya Jepang serta fashion pada karakternya untuk karya foto yang berasal dari manga tersebut.

24
Fredy berfoto bersama Rio S. Prasetia bersama karya foto Yu Yu Hakusho.
22
Amir Sidharta, yang merupakan pengelola balai lelang SIDHartA Auctioneer dan kurator Museum Universitas Pelita Harapan.
Amir Sidharta berperan sebagai kurator yang menyeleksi karya-karya terbaik Rio Prasetia.
23
Karya foto dari manga Cardcaptor Sakura.
25
Karya foto dari manga Yu Yu Hakusho.
16
Foto-foto selfie Rio dari berbagai tempat.

16b

Pada COLLECTION VOL:00 – THANK YOU, juga terdapat rangkaian kata-kata dari Rio sendiri yang disulam di barang pribadinya. Selain fotografi, tulisan merupakan medium yang memberikan kenyamanan dalam berekspresi. “Saya berusaha jujur, tanpa kepura puraan, apa adanya” ujar Rio.

18
Tulisan tulisan motivasi dari Rio yang ada di lantai sehingga untuk melihatnya perlu membungkuk.

===========================================

:: Japan Pop Culture Night di Japan Foundation, Jakarta ::

Pada tanggal 27 Februari 2014, di pameran fotografi Rio Collection Vol:00 – THANK YOU diadakan event Japan Pop Culture Night yang dimeriahkan oleh penampilan band dari Cloves dan Chocomiruku, dilanjutkan acara Cosplay Runway dengan Zhuge dan Konnichi (pemenang ke 3 di World Cosplay Summit) dan teman teman cantik dari CLAS:H Angels.

03
Foto sesi cosplay runway.
04
Foto sesi cosplay runway.
05
Kak Rinintha, host event Japan Pop Culture Night.
06
Sesi interview dengan cosplayer.
07
Teman-teman Cosplayer bersama Japanese Station.

Cloves adalah band yang memiliki aliran Electronic Pop music dari Indonesia, dan personilnya adalah Adelia, Usam Fauzan, dan Nanda Fitri
featuring Utat. Lagu-lagu Jepang yang dimainkan adalah Land of Fantasy, Mo Owari Kamo, dan cover band Phonetas dengan judul speaker boys.
Yuk di follow twitternya: @Cloves_Gumi
Untuk mendengar dan mendownload musiknya kembali, klik:
https://soundcloud.com/cloves_music

02
Cloves music performance.
10
Cloves bersama Japanese Station.

Dan band kedua yang tampil adalah Chocomiruku, yang membawakan lagu-lagu cover dari band Indonesia, Barat, juga musik cover dari Jepang beserta lagu-lagu soundtrack animenya.
Personilnya adalah: Sarah, Jesica, Pai, Emon, Novaro.
Lagu-lagu yang dibawakan adalah dari lagu cover dari Yui, Perfume, Aoi Shiori galileo galilei, dan Horizon – Guren no Yumiya OST [Shingeki No Kyojin]
Di follow yuk Twitternya: @_chocomiruku
Jika ingin mendengar musiknya kembali klik:
https://www.youtube.com/user/chocomirukuchoco
https://soundcloud.com/chocomiruku/chocomiruku-inochi

11
Chocomiruku music performance.
12
Chocomiruku bersama Japanese Station.
17
Foto JS Navigator Edelyn bersama Sarah Chocomiruku.

Di saat pameran para pengunjung juga bisa mengikuti kontes lomba foto selfie dengan berfoto bersama JSNavigator Edelyn dan Dori serta ex-member JKT48, Stella Cornelia pada layar proyektor. Pengunjung bisa berpose seru dan bebas bersama mereka, lalu mengunggah foto di @japanesestation @JF_Jakarta @riosprasetia #CollectionVOL00Selfie untuk memenangkan sebuah hadiah menarik.

08
JS Navigator Edelyn bersama Fredy.
09
Rinintha dan Renatha mengikuti kontes lomba foto selfie.

===========================================

:: Closing Party “Collection Vol:00 – THANK YOU” ::

Acara penutupan pameran fotografi Rio S. Prasetia tanggal 28 Februari 2014  ada penampilan istimewa dari band yang terkenal di Indonesia yaitu White Shoes & The Couples Company (WSATCC). WSATCC adalah sebuah band beraliran pop/funk/jazz dari Jakarta dengan personilnya adalah, Sari Sartje, Aprimela Prawidyanti, Ricky Surya, John Navid, Saleh Husein, dan Rio Farabi.

19

20

Di sekitar karya-karya pameran foto Rio, mereka memainkan 7 lagu hitsnya, yang berjudul: Sabda Alam, Nothing to Fear, Roman Ketiga, Masa Remadja, Lembe-Lembe, Aksi Kucing, dan Tjangkurileung.

26
White Shoes & The Couples Company performance.
27
Suasana ramai pengunjung yang menikmati perform musik WSATCC.
28
Sari Sartje vokalis White Shoes & The Couples Company.

Untuk mengetahui aksi WSATCC selanjutnya, kalian dapat klik websitenya di: http://whiteshoesandthecouplescompany.org/web/

Banyak pengunjung yang datang pada acara Closing Party ini, untuk menikmati pameran foto, melihat penampilan band, bermain, ngobrol-ngobrol santai, berkenalan, makan-makan, dan sebagainya hingga acara selesai.

29
WSATCC bersama Japanese Station.
30
WSATCC berfoto dengan Rio S. Prasetia.

Dan di keesokan hari, Rio mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk semua pihak yang membantu acara ini hingga sukses, “Thanks everyone for coming last night for closing party and being supportive from the beginning.” ~ Rio S. Prasetia.

31
^Karya foto dari Yu Yu Hakusho ~ Yusuke Urameshi adalah karakter dari manga favorit saya (Fredy).

THANK YOU FOR RAY GUN : THE POSSIBILITY OF THINGS HAPPEN ARE NOT JUST THE FUTURE ~ Yu Yu Hakusho (Rio S. Prasetia)

COMMENT