SHARE THIS ARTICLE

beautiful Tohoku

Mengenang bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang Tohoku pada 11 Maret 2011, the Japan Foundation menggagas sebuah pameran bertajuk “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan”. Wilayah Tohoku yang terkenal akan pegunungan dan pemandangan lautnya yang indah menyimpan kekayaan budaya dan sejarah lokal. Masyarakat setempat kembali bangkit dan berusaha keras mengembalikan kehidupan normal mereka sesegera mungkin, termasuk memulihkan kembali bidang manufaktur dan budaya kerajinan tangan yang terkena dampak bencana. Pameran “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan” ini digelar sebagai bentuk dedikasi dan dukungan the Japan Foundation atas usaha masyarakat setempat dalam membangun kembali wilayah Tohoku.

Setelah sukses dipamerkan selama sebelas hari sejak tanggal 15-25 Februari 2016 di House of Sampoerna Surabaya atas kerjasama dengan Konsulat Jendral Jepang di Surabaya, pameran yang mendapatkan apresiasi yang sangat baik ini akan digelar di Hall the Japan Foundation, Jakarta. Tujuan diselenggarakannya pameran ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas kerajinan Tohoku yang istimewa dan berciri khas. Beragam karya dari berbagai genre seperti keramik, lacquerware (perabotan berpernis), tekstil, logam, kerajinan dari kayu dan bambu dihadirkan langsung dari Tohoku. Peralatan sehari-hari yang tak hanya indah namun bersifat fungsional tersebut dibuat dengan teknik kerajinan tradisional tingkat tinggi yang telah ada sejak zaman kuno dan menginspirasi seniman-seniman Jepang yang karya-karyanya terlibat dalam pameran ini untuk mengembangkan dan mewariskan tradisi istimewa tersebut hingga saat ini.

Pameran ini terbuka untuk umum, gratis, dan tanpa tanda masuk. Beragam kerajinan khas Tohoku akan dipamerkan di Jakarta dengan jadwal sebagai berikut:

Pembukaan Pameran: 7 Maret 2016, pk. 14:00
Jadwal Pameran: 8-19 Maret 2016 (buka hari Senin-Sabtu pk. 10:00-18:00)
9 Maret 2016 tetap BUKA

Lokasi:
Hall The Japan Foundation, Jakarta Gd. Summitmas I lt.2
Jl. Jend. Sudirman Kav. 61-62, Jakarta Selatan T. 021-520-1266

Rangkaian Event Menarik selama Pameran

7 Maret 2016 Pukul 14:00 – Pembukaan Pameran dan Chanoyu
Selama pameran “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan” berlangsung, the Japan Foundation, Jakarta menghadirkan rangkaian event menarik yang terbuka untuk umum secara gratis. Rangkaian event pertama sekaligus pembukaan pameran akan diawali dengan Chanoyu, upacara minum teh tradisi Jepang yang elegan dan menenangkan. Event ini terbuka untuk umum dan tanpa pendaftaran.

11 Maret 2016 Pukul 14:00 – Puisi of Tohoku by Marjinal
Bertepatan dengan lima tahun bencana tsunami dan gempa bumi yang mengguncang Tohoku, pada tanggal 11 Maret 2016, the Japan Foundation, Jakarta akan menggelar “Puisi untuk Tohoku”, sebuah pertunjukan musik akustik dan pembacaan puisi yang akan dibawakan oleh band Marjinal. Event ini terbuka untuk umum dengan tempat terbatas. Pendaftaran melalui telepon ke kantor the Japan Foundation, Jakarta.

12 Maret 2016 Pukul 14:00 – Diskusi “Door to Asia”
The Japan Foundation, Jakarta juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam presentasi program dan diskusi menarik bertajuk “Door to Asia” dengan pembicara Zinnia dan Aditya dari Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI). Dalam diskusi ini akan dibahas peran serta bidang desain dalam menggali dan mengembangkan potensi pasar untuk meningkatkan daya saing dalam bidang industri. Event ini terbuka untuk umum dan tanpa pendaftaran.

17 Maret 2016 Pukul 14:00 – Workshop Kamishibai
Sosialisasi tanggap bencana melalui kisah bergambar untuk para guru (khusus undangan) dalam Workshop Kamishibai oleh Yoko Takafuji dan PM Toh. Melalui event ini para guru akan mempelajari lebih jauh peran penting kebijakan lokal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bencana. Event ini terbuka untuk observer.

19 Maret 2016 Pukul 14:00 – Workshop Origami
Event terakhir di hari penutupan Pameran “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan” yaitu Workshop Origami bersama Thomas Andika untuk anak berusia 5-12 tahun bersama pendampingnya yang berusia minimal 18 tahun. Kuota peserta workshop ini terbatas dengan pendaftaran melalui telepon ke kantor the Japan Foundation, Jakarta

Rangkaian event ini dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia dalam balutan semangat untuk bangkit dari keterpurukan. Seperti masyarakat Tohoku yang terus berjuang mengembalikan kehidupan normal mereka, dengan semangat yang sama the Japan Foundation, Jakarta mencoba untuk menularkannya kepada masyarakat di Indonesia. Dengan semangat hidup yang lebih baik, masa depan pun akan menjadi jauh lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pameran dan rangkaian event di atas, silakan hubungi the Japan Foundation, Jakarta di nomor telepon 021-520-1266 (u/p Diana/Femia) pada hari dan jam kerja.

COMMENT