SHARE THIS ARTICLE
Nobuaki Komoto, ketiga dari kiri, dan lainnya bermain "kendama" di Decade, sebuah toko di distrik Harajuku di Tokyo. (Satoru Sekiguchi)
Nobuaki Komoto, ketiga dari kiri, dan lainnya bermain “kendama” di Decade, sebuah toko di distrik Harajuku di Tokyo. (Satoru Sekiguchi)

Sebuah permainan tradisional Jepang telah menjadi sesuatu yang keren di distrik trendi Harajuku, Tokyo, Jepang, setelah popularitas di negara-negara Barat menyebar melalui video dari para pemain yang diposting di YouTube.

Dalam satu bentuk dasar dari “kendama,” para pemainnya memegang gagang kayu, dan sebuah bola kayu diikat dengan tali dan mencoba untuk mengayunkan bola tersebut ke mangkuk pada pegangannya. Di lain hal, para pemain memegang bola, mengayunkan pegangannya dan mencoba untuk memasukkan ujungnya ke dalam lubang bola.

Permainan ini mulai menarik para penggemar di Amerika Serikat sekitar empat tahun yang lalu, kata Nobuaki Komoto, pemilik Decade, sebuah toko untuk pemain skateboard dan pembalap sepeda di Harajuku.

Pria berumur 35 tahun itu mengatakan para pemain snowboard memainkannya di dalam ruangan selama badai salju, menangkap berbagai manuver canggih mereka dengan video dan diunggah di YouTube.

Di Harajuku, para pemuda mulai bermain kendama sekitar setahun yang lalu, dan mengakuinya sebagai sesuatu yang keren dan bergaya.

Permainan analog tersebut telah menyebar melalui cara-cara digital,” kata Komoto. “Di berbagai acara, para pemain bersaing pada berapa kali video mereka dilihat di Internet.

Jun Hananoi, 28 tahun, yang memiliki sertifikasi keahlian 5-dan dari Asosiasi Kendama Jepang, mengatakan permainan itu menyenangkan bagi beberapa orang untuk dimainkan bersama dalam lingkaran.

Beberapa produsen asing telah merancang berbagai set kendama dengan pola kamuflase atau yang menawarkan pegangan yang lebih kuat untuk melakukan teknik tingkat tinggi.

Produk-produk impor dijual antara 3.000 dan 6.000 Yen (29 $ dan 57 $), dibandingkan dengan sekitar 1.500 Yen untuk model domestik.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT