SHARE THIS ARTICLE

Oishii! Yuk kita buat beef roll ala Jepang yang lezat ini!Resep apa lagi ya yang belum dicoba untuk dibuat? Bagaimana kalau beef roll ala Jepang yang lezat ini? Di restoran-restoran yang menyajikan hidangan mancanegara, salah satu varian makanan yang akan banyak kita temukan adalah beef roll. Tentunya bukan hal yang mudah untuk membuat makanan dengan bahan dasar daging sapi yang sangat lezat rasanya ini seperti layaknya chef profesional. Tapi untuk mendapatkan sajian beef roll yang lezat dan istimewa maka resep ini patut dicoba.

Dilansir dari houseofjapan.com, yuk kita lihat resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan

6 beef minute steak (daging sapi yang dipotong dari bagian tengah fillet, beratnya 100–125 gr dan tebal 1–1,5 cm)
12 batang asparagus
12 bawang merah
1 wortel
60 ml (1/4 cangkir) light soy sauce/kecap asin sedang
2 sendok makan sake (bisa diganti bumbu lain sesuai selera) atau dry sherry (sejenis minuman anggur berwarna bening kekuningan)
2 sendok makan mirin (bisa diganti bumbu lain sesuai selera)
2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak sayur
40 gram mentega
100 gram jamur kancing, iris tipis
Nasi, sebagai pelengkap

Cara pembuatan

Langkah 1
Siapkan panci berisi air mendidih di atas api sedang. Sementara itu, potong daging sapi menjadi dua bagian dengan arah sejajar. Tempatkan setengah sisi daging sapi berdampingan di antara 2 lembar kemasan plastik. Menggunakan palu daging atau rolling pin, tumbuk hingga tebalnya 4 mm. Ulangi dengan daging sapi yang tersisa.

Langkah 2
Potong asparagus dan bawang menjadi sepanjang 8 cm. Potong wortel menjadi ukuran 12 x 8 cm berbentuk tongkat panjang. Rendam asparagus dan wortel dalam air mendidih selama 30 detik. Tambahkan bawang, kemudian rebus selama lebih dari 30 detik. Tiriskan, segarkan dalam air es, kemudian tiriskan lagi. Tepuk-tepuk hingga kering dengan paper towel/lap kertas.

Langkah 3
Untuk meggulungnya, tempatkan sepotong daging sapi memanjang di permukaan meja/nampan. Letakkan setangkai asparagus, sepotong wortel dan selembar daun bawang dengan arah sejajar hingga sepanjang bagian bawahnya. Gulung daging sapi untuk membungkus sayuran. Tahan dengan tusuk gigi. Ulangi dengan daging sapi dan sayuran yang tersisa.

Langkah 4
Campurkan soy sauce, sake, mirin dan gula dalam mangkuk. Tambahkan beef roll dan bolak-balik hingga melapisinya. Panaskan 1 sendok makan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tambahkan setengah gulungan daging dan masak, bolak-balik selama 5 menit atau hingga berwarna kecoklatan dan masak hingga matang. Pindahkan ke piring dan tutupi agar tetap hangat. Ulangi dengan sisa 1 sendok makan minyak dan gulungan daging lainnya. Lap panci hingga bersih dan sisakan bumbu rendamannya.

Langkah 5
Kembali panaskan panci berisi mentega. Lelehkan mentega, kemudian tambahkan jamur. Masak, ayun-ayun selama 3 menit atau hingga berwarna kecoklatan. Aduk dalam bumbu rendaman, masak hingga mendidih, lalu angkat.

Langkah 6
Letakkan beef roll di mangkuk. Siram dengan saus jamur dan sajikan dengan nasi.

Source : houseofjapan.com
COMMENT