SHARE THIS ARTICLE

Tak hanya Thailand atau Turki, Jepang juga dikenal sebagai surganya street food di Asia. Kalau mau mencoba aneka makanannya, datang saja ke Kota Tokyo. Dari ramen hingga takoyaki, ini dia 7 street food paling lezat di Jepang!

Oishii! Siap-siap menggoyang lidah saat Anda melancong ke Tokyo. Di sinilah Anda bisa menemukan aneka makanan Jepang yang sudah jadi favorit traveler dunia. Dilongok dari situs Exploring Tokyo, berikut 7 street food paling lezat di Jepang:

1. Takoyaki

streetfood japan (1)

Siapa yang tak tahu takoyaki? Inilah camilan khas Jepang berupa bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan gurita di dalamnya. Asyiknya, Anda bisa mudah menemukan takoyaki saat jalan-jalan ke wilayah mana pun di Jepang.

Takoyaki biasanya dijual dalam satu set atau satu kotak, yang berisi 6-12 takoyaki. Untuk memakannya, Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau sumpit. Harga satu kotaknya, biasanya berkisar 300-500 Yen atau sekitar Rp 34-57 ribu. Rasanya yang enak, tak usah diragukan.

2. Korokke

streetfood japan (2)

Kroket adalah makanan asal Prancis yang terbuat dari tepung roti yang dilapisi dengan putih telur. Tapi kalau di Jepang, ada korokke berupa kentang dan isinya macam-macam, seperti sayuran, daging sapi, ayam dan udang. Korokke bentuknya mirip dengan kroket, yaitu bundar dan lonjong.

Korokke asyiknya dimakan selagi panas. Korokke paling tersohor dan terkenal paling enak di Tokyo, ada di restoran Maruya Nikuten. Buktikan sendiri!

3. Okonomiyaki

streetfood japan (3)

Kalau makanan Jepang yang satu ini, dijamin menggoyang lidah. Inilah okonomiyaki, yaitu makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu yang diencerkan di atas air di penggorengan datar atau biasa disebut teppan. Lalu, tepung terigu tersebut diberi irisan kol dan di atasnya ditambahkan telur ayam, ikan, daging sapi, cumi-cumi, dan lainnya, sesuai dengan selera.

Makan satu okonomiyaki saja pasti sudah kenyang. Rupanya, rahasia enaknya okonomiyaki ada pada saus okonomiyaki yang manis, kental dan lengket. Tiap-tiap daerah seperti Horishima, Kansai, atau Okinawa punya saus okonomiyaki yang berbeda-beda.

4. Yakitori

streetfood japan (4)

Mau coba sate ala Jepang? Cicipilah yakitori. Yakitori adalah potongan daging ayam berupa kulit, hati, daging, dan lainnya yang ditusuk seperti sate dan dibakar di atas arang. Lebih enak, jika ditambahkan dengan saus pedas!

Satu yakitori biasanya dipatok seharga 70 Yen atau sekitar Rp 8.000 saja. Beberapa pasar tradisional di Tokyo yang terkenal dengan yakitori yang lezat adalah di Sugamo, Yanaka, dan Ameya Yokocho.

5. Miso

streetfood japan (5)

Miso selalu ada dalam hidangan makanan masyarakat Jepang. Miso ini sebenarnya adalah bahan makanan yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, atau campuran keduanya dengan garam. Miso biasanya disajikan dalam bentuk sup.

Miso berisi ikan atau sayuran, serta tahu. Miso pun dipercaya mengandung banyak khasiat untuk menurunkan kolesterol, sebagai antioksidan, atau menyehatkan sistem pencernaan. Belum lengkap ke Jepang kalau belum mencicipi miso. Kalau mau mendapatkan miso paling enak di Tokyo, datangleh ke Gunji Miso.

6. Ramen

streetfood japan (6)

Apa makanan Jepang yang mendunia? Sudah pasti, ramen jawabannya. Ramen adalah mie kuah yang berisi daging seperti ayam atau sapi, telur rebus, rumput laut, bawang, sayuran dan rempah-rempah lainnya.

Biasanya, ramen di Tokyo disajikan dalam satu mangkuk yang besar. Rasanya sungguh lezat dan gurih. Apalagi jika Anda menyantapnya selagi panas, nyam!

Kalau di Tokyo, satu harga mangkuk ramen dipatok mulai dari 700 Yen atau sekitar Rp 80 ribu hingga 1.000 Yen atau Rp 115 ribu. Restoran yang terkenal dengan ramen yang paling enak di Tokyo adalah di Hakata Shouten.

7. Udon

streetfood japan (7)

Sama dengan ramen, udon juga berupa mie kuah. Bedanya, ukuran mie udon lebih tebal dan lebih besar daripada mie ramen atau spaghetti. Udon biasanya disajikan dengan tempura, yaitu udang yang digoreng dalam adonan tepung terigu.

Udon paling enak di Tokyo ada di Rakugama Seimenjyo. Rasa udon sangat enak, kuahnya segar, dan bikin kenyang. Oishii!

COMMENT