SHARE THIS ARTICLE

Kabar mengenai Presiden Barack Obama yang akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina pada akhir bulan April, telah diumumkan di Gedung Putih pada hari Rabu.

obama2

Dalam kunjungannya ke Jepang, yang dijadwalkan pada tanggal 22 dan 23 April, Obama akan bertemu Perdana Menteri Shinzo Abe. Kedua pihak ini diharapkan untuk menegaskan kembali komitmen mereka untuk memperkuat aliansi Jepang-Amerika Serikat.

Tour Asia Obama hadir untuk menggarisbawahi kebijakan pemerintahannya dalam menempatkan kepentingan pada kawasan Asia-Pasifik. Meskipun Gedung Putih belum memberikan jadwal rincian kunjungannya ke empat negara, Jepang adalah negara pertama yang ada pada daftar, menurut sumber informasi.

Pertemuan di bulan April akan menjadi pertemuan puncak ketiga antara Abe dan Obama. Kedua pemimpin ini terakhir bertemu pada bulan September tahun lalu di sela-sela Pertemuan Puncak Kelompok 20 di St. Petersburg.

Ini juga akan menjadi kunjungan ketiga Obama ke Jepang sebagai presiden dan pertama kalinya dalam 3,5 tahun. Perjalanan ke Jepang yang terakhir adalah pada bulan November 2010.

Presiden AS ini berencana untuk tinggal hanya satu malam di Jepang sebelum pindah ke Korea Selatan, yang tidak ada pada jadwal semula. Selama tur Asia, pemerintah Korea Selatan mendesak Amerika Serikat untuk singgah di Seoul, karena khawatir dengan negara-negara lain yang berpikir bahwa Washington kurang memperhatikannya.

Obama diperkirakan akan mendesak Jepang dan Korea Selatan untuk meningkatkan hubungan bilateral untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dari hubungan antara sekutu AS.

Pemerintah telah mengundang Obama ke Jepang sebagai tamu negara, meskipun lazim seorang pemimpin mengunjungi Jepang sebagai tamu negara tetap setidaknya ada dua malam untuk menghadiri acara yang diselenggarakan oleh keluarga Kekaisaran.

amerika jepang

Hal ini sangat jarang untuk memperlakukan seorang pemimpin yang hanya tinggal satu malam di Jepang sebagai tamu negara, Tetapi Jepang dan pemerintah AS membuat pengaturan untuk rencana kunjungan Obama.

Perjanjian perdagangan multilateral Trans-Pacific Partnership (Hubungan Kerjasama Trans-Pasifik), jika tidak diakhiri dengan kunjungan Obama, akan menjadi salah satu agenda utama selama pertemuan puncak yang direncanakan antara Abe dan Obama. Kedua pemimpin juga diperkirakan akan berdiskusi tentang tanggapan terhadap pembentukan zona identifikasi pertahanan udara China di atas Laut China Timur tahun lalu, nuklir Korea Utara dan pengembangan rudal, dan bagaimana cara memperkuat kerjasama antara kedua negara di bidang keamanan.

Kunjungan Obama ke Malaysia dan Filipina pada awalnya dijadwalkan untuk Oktober, tetapi dibatalkan karena penutupan sebagian pemerintah tahun lalu.

Source: the-japan-news.com

COMMENT