SHARE THIS ARTICLE

AJ201305110050

Zunko Tohoku, karakter bebas hak cipta yang dibuat pada bulan Oktober 2011 untuk mendukung wilayah Tohoku, Jepang setelah bencana Great East Japan Earthquake pada tahun itu, akan dirilis dalam sebuah novel musim panas ini.

Awal Juni lalu, Toshio Sato telah memposting berbagai cerita asli yang menampilkan Zunko dan karakter lokal lainnya dari seluruh Jepang di Twitter. Berbagai cerita ini akan dikompilasi ke dalam sebuah buku yang akan dirilis oleh penerbit PHP Institute Inc.

Ninico Edomura, yang menciptakan desain karakter asli untuk Zunko, akan menyediakan artwork cover-nya.

SSS LLC, perusahaan yang bertanggung jawab untuk Zunko, juga menerima ide-ide untuk beberapa daerah di wilayah Tohoku yang akan ditampilkan dalam novel tersebut. Jika suatu daerah yang diadopsi sebagai latar tempat cerita dalam novel tersebut, SSS akan bekerja sama dengan pihak terkait di daerah-daerah untuk mempromosikan buku dan menjelajahi kolaborasi lainnya.

Zunko terinspirasi oleh “Zunda mochi,” jenis kue beras lembut yang ditutupi dengan kacang “edamame” manisan dan merupakan  keistimewaan lokal di wilayah Tohoku.

Karena Zunko bebas hak cipta, berbagai perusahaan berbasis di Tohoku dan para pencipta yang bersedia mendukung daerah tersebut dapat menggunakan karakter ini tanpa izin terlebih dahulu dari SSS.

Sebelumnya, Zunko digunakan sebagai maskot untuk aplikasi pembaca layar Voiceloid yang dirilis September lalu. Hal ini dimungkinkan setelah dana yang disediakan untuk proyek tersebut terkumpul 4.500.000 Yen ($ 45,000). Suaranya diisi oleh Satomi Sato, seorang aktris pengisi suara asal Sendai yang memerankan Ritsu Tainaka di “K-On!” dan Eru Chitanda di “Hyouka.”

Sebuah video yang diposting oleh seorang user menampilkan Zunko yang dihasilkan komputer telah menerima lebih dari 3 juta view pada situs video-sharing Nico Nico Douga.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Zunko di (http://zunko.jp/index.html).

Source : ajw.asahi.com
COMMENT