SHARE THIS ARTICLE

Tahun 2017 menandai 100 tahun kemunculan animasi Jepang, atau yang biasa disebut anime. Menyambut hal ini, saluran TV Jepang NHK BS Premium melalui laman resminya, membuka voting untuk menentukan anime terbaik 100 tahun terakhir ini, dengan nama Nippon Anime 100.

Voting dalam proyek Nippon Anime 100 ini sendiri terbagi menjadi dua. Kategori pertama adalah Best Anime Song 100, yang masa voting-nya telah dimulai pada 12 Desember 2016 lalu dan akan ditutup pada 10 Februari 2107 mendatang. Kategori kedua, yang baru ditambahkan pada 8 Januari lalu, adalah Best Anime 100. Voting untuk kategori ini akan ditutup pada tanggal 3 Maret 2017.

Yang menarik dari voting ini adalah, pemilih tidak dibatasi hanya mereka yang tinggal di Jepang saja,  mereka yang tinggal di luar negeri pun bisa ikut memilih. Mereka yang berminat untuk memilih 100 judul anime terbaik tahun terakhir ini, dapat mengunjungi website resmi Nippon Anime 100 (yang sayangnya, hanya tersedia dalam bahasa Jepang), untuk memasukkan suaranya.

Untuk memilih, para peminat cukup memasukkan judul anime yang akan mereka pilih pada mesin pencari khusus yang tersedia di dalamnya, dalam huruf Jepang. Setelahnya pemilih akan dituntun ke halaman untuk memasukkan nama, jenis kelamin, umur, tempat tinggal, dan komentar, yang kesemuanya wajib diisi. Dalam satu hari, satu orang dapat memasukkan suaranya pada 3 karya yang berbeda, dan dalam 1 hari, satu pemilih hanya dapat memasukkan suara pada karya yang sama sebanyak 2 kali saja.

Pada tanggal 18 Februari 2017, saluran TV ini akan menyiarkan acara TV khusus bernama Countdown Live Anime Song Best 100, berdasarkan hasil voting Best Anime Song 100 yang juga dapat diakses pada laman yang sama.

(Featured image: Nippon Anime 100 Official Website)

Sources :
COMMENT