SHARE THIS ARTICLE

ningyo

Siapa bilang jika legenda ikan duyung hanya ada pada tradisi barat, ternyata Jepang pun terdapat legenda yang mengisahkan tentang ikan duyung dan lebih dikenal dengan sebutan Ningyo. Dalam legenda Jepang, Ningyo lebih menyerupai ikan daripada manusia. Bentuk mereka pun bermacam-macam dari yang mempunyai wajah sangat buruk hingga yang mempunyai jari-jari kurus dan cakar tajam, selain itu ukuran mereka pun bervariasi dari seukuran anak manusia sampai seukuran manusia dewasa. Dan yang patut diingat berbeda dengan legenda ikan duyung dari laut Atlantik ataupun Mediterania yang banyak diceritakan memiliki wujud yang cantik, ikan duyung Jepang ini merupakan mimpi buruk saat kita bertemu dengannya.

Penampakan Ningyo pertama kali tercatat ditemukan di Nihon Shoki, salah satu buku tertua di sejarah Jepang klasik. Daging Ningyo dipercaya dapat memberikan hidup kekal bagi siapa saja yang memakannya. Namun sebelum dapat memakan daging Ningyo, manusia harus dihadapkan pada bahaya dan kutukan dari Ningyo itu sendiri, bahkan beberapa legenda menceritakan jika seluruh kota besar ditelan oleh gempa bumi dan gelombang pasang setelah seorang nelayan membawa pulang Ningyo ke kotanya.

1

Jadi setelah mengetahui legenda Ningyo dari Jepang ini, kita dapat mengetahui jika legenda putri duyung tidak selamanya indah dan berakhir dengan happy ending seperti beberapa dongeng yang diceritakan oleh tradisi barat, karena ada juga yang berakhir tragis setelah menemukan ikan duyung yang bernama Ningyo.

Source : yokai.com
COMMENT