SHARE THIS ARTICLE

Siapa tak kenal sashimi? Hidangan yang terdiri dari daging ikan yang disajikan dalam keadaan mentah ini, merupakan salah satu hidangan khas Jepang yang sangat populer. Sashimi juga bisa terdiri dari daging makanan laut lain seperti udang atau gurita.

Hidangan sashimi raksasa di restoran Firebird, Jepang. (Sumber: Rocketnews24)
Hidangan sashimi raksasa di restoran Firebird, Jepang. (Sumber: Rocketnews24)

Berbeda dengan sushi, sashimi disantap tanpa nasi tapi tetap diberi sedikit soyu atau kecap asin. Biasanya, sashimi disajikan di sebuah piring dengan empat atau lima potong daging ikan tuna atau salmon.

Nah, di Tokyo terdapat sebuah restoran yang menyajikan sashimi dalam porsi raksasa. Dinamakan Firebird, restoran ini menawarkan menu sashimi tuna yang disajikan menggunung di sebuah mangkuk.

Dengan hargan 1.000 Yen atau sekitar Rp 111 ribu Anda sudah dapat menikmati sashimi tuna jumbo bersama salad sayur-sayuran dan sup miso. Diberikan pula sedikit wasabi, acar jahe, dan telur dadar sebagai hidangan pendamping.

Tentu saja harga tersebut terbilang murah. Di Indonesia, satu porsi sashimi tuna yang terdiri dari lima potong daging ikan di restoran-restoran sushi bisa dihargai sekitar Rp 30 ribuan.

Karena porsi hidangan jumbonya, restoran tersebut menjadi cukup populer di Tokyo dan selalu penuh di jam-jam makan siang dan makan malam. Biasanya satu porsi sashimi disantap tiga hingga empat orang.

Source : life.viva.co.id
COMMENT