Netizen Jepang Terkejut Dengan Munculnya Truk Di Jalur Kereta, Ternyata Ini Yang Namanya Kirikusha


Netizen Jepang Dikejutkan Dengan Munculnya Truk Di Jalur Kereta, Ternyata Ini Yang Namanya Kirikusha

Kereta menjadi salah satu mode transportasi yang sangat vital di Jepang, yang umum digunakan oleh masyarakat setempat ketika bepergian, pergi bekerja, maupun untuk sededar jalan-jalan. Selain dikenal sangat bersih dan efisien, salah satu hal yang luar biasa dari kereta di negara ini adalah betapa sepinya penumpang di dalam gerbongnya. Kereta-kereta tersebut juga terkadang menampilkan fitur yang luar biasa sesuai dengan tema, diantaranya seperti interior kereta Tokyo Metro bergambar bunga sakura untuk menyembut musim semi 2018 kemarin.


Namun baru-baru ini, seorang pengguna Twitter Jepang @hiiq195 mengunggah video yang ia tulis dengan keterangan JR Shibuya Station. Pengguna Twitter tersebut dikejutkan oleh munculnya sebuah kendaraan yang memiliki desain menyerupai truk, lengkap dengan roda dan ban yang terangkat, tengah melintas di atas rel kereta api dengan memakai roda keretanya.

Jadi sebenarnya kendaraan jenis apa yang terdapat di dalam video di atas? Dalam bahasa Jepang, kendaraan seperti ini disebut sebagai Kirikusha, atau kendaraan yang dapat melakukan perjalanan baik di atas rel kereta api maupun di darat. Kirikusha biasanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan konstruksi jaringan, di mana kereta api itu sendiri bukanlah pilihan yang tepat mengingat lintasannya tidak dapat digunakan di lokasi proyek.

Tapi bagaimana bisa kirikusha beralih dari rel ke jalan raya maupun sebaliknya? Ternyata caranya sendiri cukup lah mudah, kendaraan ini hanya tinggal mengeluarkan roda khususnya yang berada di antara eempat roda mobil untuk menggunakan jalur rel. Sementara tu, ketika ingin menggunakan jalan raya dan berjalan seperti mobil pada umumnya, maka kirikusha hanya tinggal memasukan roda-roda untuk jalur keretanya, dan kembali menggunakan ban mobil.

Berniat untuk mencoba kendaraan yang satu ini saat berkunjung ke Jepang? Sayangnya, kirikusha tidak dapat digunakan untuk umum dan hanya bisa digunakan untuk keperluan dunia industri. Jadi siapapun tidak dapat menyewa kendaraan tersebut, apalagi untuk pergi berlibur karena kirikusha terhubung dengan semua jalan dan jaringan rel kereta api di Jepang.

Source : soranews24.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sugoi! Sugoi!
10
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
1
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
2
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes