SHARE THIS ARTICLE
Foto: Arnest
Foto: Arnest

Nigiri sushi kelihatannya mudah dibuat. Cukup membentuk nasi menjadi lonjong dengan tangan, lalu beri sedikit wasabi dan daging ikan di atasnya. Namun, mengukur nasi dan membentuknya dengan rapi tanpa membuatnya jadi keras atau berantakan jadi tantangan bagi amatir.

Berbeda dengan sushi roll atau maki sushi, nigiri sushi tak menggunakan nori. Jadi, nasinya harus ditekan agar menempel dan tak mudah berjatuhan. Namun, jika terlalu ditekan, nasinya malah jadi keras.

Hayawaza! Nigirizushi Tongu‘ buatan perusahaan Arnest hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Bentuknya seperti capit dapur untuk menjepit dan mengangkat makanan. Bedanya, Hayawaza bertangan tiga untuk menekan bagian samping dan bagian atas sushi.

Cara memakainya cukup mudah. Kedua capit sampingnya digerakkan dengan ibu jari dan jari tengah, sementara capit atasnya dengan telunjuk. Nasipun terbentuk dengan ukuran sama dan lebih cepat daripada amatir yang membentuknya dengan tangan. Setelah wasabi dan irisan daging ikan diletakkan di atasnya, rapikan lagi dengan Hayawaza.

Seperti dilansir situs Rocket News 24, orang-orang yang mencoba Hayawaza mengatakan bahwa nasi sushi jadi lebih empuk jika dibentuk dengan alat ini dibandingkan dengan cetakan plastik.

Cetakan membuatnya keras, sementara Hayawaza membuat nasi serasa sushi di restoran. Bagaimanapun juga, dibanding cetakan, membentuk nasi dengan Hayawaza memang sedikit lebih lama.

Tertarik membeli? Anda bisa memesannya di situs Amazon Jepang. Sayang, harganya relatif mahal, yakni 1.745 yen (Rp 197.600).

Source : food.detik.com
COMMENT