SHARE THIS ARTICLE

09 miyazakiPada 6 September lalu, sutradara film animasi populer Miyazaki Hayao (72) mengadakan konferensi pers mengenai pengunduran dirinya dari dunia perfilman.

Miyazaki tampil dalam acara tersebut sambil tersenyum dan mengatakan, “Saya adalah orang yang telah menyebabkan banyak kegemparan bahwa saya akan berhenti, namun kali ini saya serius.”

Ia melanjutkan, “Setelah ‘Ponyo’, butuh waktu lima tahun untuk membuat ‘Kaze Tachinu’. Butuh lima tahun. Jika saya mulai berpikir mengenai film baru, lima tahun tidaklah cukup. Di usia saya saat ini, dalam tiga bulan saya akan berusia 73 tahun. Jika dibutuhkan tujuh tahun, saya akan berusia 80 tahun. Walau saya ingin tetap bekerja untuk sepuluh tahun mendatang, saya pikir hari-hari film animasi saya telah berakhir.

Mengenai masa depannya, Miyazaki berkomentar, “Saya bebas. Selama saya masih bisa menyetir, saya berpikir untuk pergi ke studio setiap hari. Saya rasa masih ada berbagai hal untuk dilihat selagi saya beristirahat. Saya berpikir untuk melakukan hal-hal yang sudah lama ingin saya lakukan, dan itu bukan animasi. Saya tidak akan mengatakannya karena akan memalukan jika saya tidak dapat melakukannya.

Sekitar 600 reporter, termasuk media asing, datang untuk mendengarkan pernyataan Miyazaki. Produser Studio Ghibli, Suzuki Toshio, dan Presiden Studio Ghibli, Hoshino Koki, turut hadir dalam konferensi pers ini,

Source : tokyohive.com
COMMENT