SHARE THIS ARTICLE

Gerhana matahari di Jepang juga merupakan sebuah peristiwa alam langka yang menimbulkan banyak sekali mitos seperti halnya di berbagai negara lainnya. Jepang pun merupakan salah satu negara yang memiliki antusiame tinggi dalam menyambut gerhana matahari total yang akan terjadi 9 Maret 2016. Mereka juga memiliki cerita dan mitos tersendiri tentang gerhana matahari.

image: panasonic.com
image: panasonic.com

Dalam mitologinya, Jepang menganut agama Shinto yang menyembah Dewa Matahari (Amaterasu). Dengan kepercayaan tersebut orang Jepang mempercayai bahwa racun tersebar saat gerhana matahari terjadi. Gerhana matahari total dianggap sebagai wabah dari Dewa Matahari. Mereka meyakini tertutupnya matahari ketika gerhana merupakan akibat dari racun yang disebar dari wabah tersebut. Orang Jepang sampai menutup sumur-sumur mereka demi menghindari kontaminasi racun yang diyakini tersebar ketika gerhana berlangsung.

gerhana matahari di jepang
image: pitara.com

Ada tradisi unik dalam menyambut datangnya gerhana matahari di Jepang. Mereka menggantungkan jimat yang terbuat dari batu di atas cabang pohon. Dengan melakukan hal ini, orang Jepang percaya bahwa kilauan batu jimat tersebut dapat memberikan cahaya selama sinar matahari menghilang.

Apa kalian sudah siap menyaksikan fenomena gerhana matahari besok?

Sources :
COMMENT