SHARE THIS ARTICLE

Di Indonesia terdapat penganan pie susu. Ini merupakan hidangan pie mungil renyah dan manis yang sering dijadikan buah tangan oleh mereka yang bepergian ke Bali.

Milk Yaki, kudapan khas Jepang yang cocok disajikan dengan teh hijau hangat.
Milk Yaki, kudapan khas Jepang yang cocok disajikan dengan teh hijau hangat.

Nah, di Jepang juga ada jenis kudapan yang tak kalah lezat bernama kue susu atau milk yaki yang sebenarnya berarti susu panggang. Kue susu merupakan kudapan dan jenis hidangan penutup yang berasal dari prefektur Akita di ujung utara Jepang.

Walaupun dinamakan kue susu, namun kudapan ini sama sekali tidak mengandung susu. Ya, masyarakat lokal Akita menamakannya kue susu karena warna kue ini yang putih seperti susu.

Bagi Anda yang penasaran, kue ini terbuat dari adonan yang dibuat menggunakan campuran tepung terigu, gula dan telur yang kemudian dimasak sebentar di penggorengan berbentuk bulat hingga menjadi sepertli kulit lumpia yang belum digoreng. Kemudian kulit kue susu tersebut diberi isian anko atau kacang merah lalu dipanggang.

Seperti dilansir laman Rocketnews24, anko sendiri telah begitu banyak digunakan sebagai bahan pembuat hidangan penutup tradisional Jepang dan bahkan negara-negara lain di Asia. Setelah mengigit kue susu ini, Anda akan merasakan tekstur adonannya yang empuk dan basah.

Kacang merahnya juga tak ketinggalan memberikan cita rasa yang khas. Umumnya masyarakat di Akita menyantap kudapan lezat tersebut di sore hari dengan secangkir teh hijau hangat.

Source : life.viva.co.id
COMMENT