Meski Pahit, Di Jepang 5 Tumbuhan Ini Sering Dijadikan Sebagai Bahan Masakan


bahan masakan
zratto.com

Terkadang tidak semua orang menyukai makanan yang memiliki rasa manis, adapula sebagian dari mereka yang lebih menyukai rasa pahit. Tapi jika bahan masakan yang memiliki rasa pahit diolah dengan baik juga akan menghasilkan rasa yang lezat. Di Jepang, pusatnya makanan-makanan unik di dunia juga menggunakan bahan-bahan masakan yang berasal dari tumbuhan dengan rasa pahit.


Entah itu memang sudah jadi tradisi yang telah ada sejak dahulu kala maupun inovasi. Di bawah ini adalah 5 jenis tumbuhan yang memiliki rasa pahit namun di Jepang banyak digunakan sebagai bahan untuk masakan.

1. Matcha

misssong88.com

Siapa yang kenal dengan matcha, bubuk teh yang berasal dari hasil penggilingan daun teh hijau ini merupakan salah satu bahan minuman dan makanan yang paling populer di Jepang. Matcha sudah dikenal sejak lama, bahkan untuk meminumnya pun ada upacara khusus yang disebut Chanoyu atau Sado.

Di Jepang sendiri, teh yang terbuat dari bubuk matcha memiliki rasa pahit yang sangat kuat. Namun, biasanya masyarakat dari negeri sakura tersebut meminumnya dengan wagashi, kue tradisional Jepang untuk menetralisir rasa pahit. Kini selain dijadikan teh, matcha juga dibuat menjadi berbagai macam camilan seperti puding, es krim dan camilan lain yang tentunya memiliki rasa manis.


2. Wasabi

zratto.com

Masyarakat Jepang tak akan bisa lepas dari jenis tanaman yang satu ini. Wasabi digunakan sebagai penyedap rasa untuk berbagai macam makanan seperti sushi, sashimi, dan olahan masakan khas Jepang lainnya. Jenis umbi-umbian ini memiliki rasa yang sangat menyengat, jadi jangan coba-coba jika belum terbiasa.

3. Daikon

omyogagroup.com

Lobak putih atau dikenal sebagai daikon jadi sayuran pahit selanjutnya yang banyak digunakan sebagai bahan masakan. Saking terkenalnya, di negeri asal sayuran ini ada sebuah festival yang disebut sebagai Daikon Matsuri dan dirayakan setiap tanggal 7 Januari. Masyarakat Jepang percaya dengan memegang daikon bisa menjernihkan pikiran dan membawa keberuntungan.

4. Goya

shibushi-agri.net

Di prefektur Okinawa, Jepang ada sebuah olahan masakan khas bernama Goya Chanpuru yang terbuat dari bahan utama goya atau pare dengan campuran daging dan telur. Sudah bukan jadi rahasia jika sayuran yang berasal dari daerah tropis ini memang memiliki rasa yang pahit, namun karena kandungan gizi-nya yang banyak membuat goya sering digunakan sebagai bahan masakan hingga saat ini.

5. Daidai

takasushiatlanta.com

Jika biasanya buah jeruk memiliki rasa yang manis, lain halnya dengan varian jeruk yang satu ini. Jeruk daidai memiliki rasa yang pahit, namun di Jepang banyak orang yang mengeringkan jeruk tersebut untuk dijadikan sebagai obat. Selain itu, setiap perayaan tahun baru di Jepang, daidai juga dijadikan sebagai sebagai dekorasi bersama dengan kue mochi atau disebut dengan Kagami Mochi.


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
2
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes