SHARE THIS ARTICLE

Jika kalian selama ini bermimpi menjadi musisi handal, tetapi tidak menguasai salah satu alat musik yang ada, pasti kalian berpikir sangat berimajinasi jika kalian bermimpi secara cepat dapat langsung menjadi musisi yang handal.

PossessedHand_cara_kerja

Tetapi sekarang kalian tidak perlu berkecil hati, karena University of Tokyo dan Sony Laboratories telah menemukan alat yang bernama Possessed Hand, alat ini memungkinkan kontrol gerakan tangan (jari) seseorang melalui stimulasi elektrik oleh orang lain, sehingga orang tersebut dapat menjadi mahir memainkan alat musik.

Dikutip dari Rekimoto Lab, Possessed Hand mampu membuat orang yang tidak dapat memainkan koto (alat musik tradisional Jepang) menjadi mahir memainkannya ketika menggunakan alat ini.

Mungkin kalian bertanya bagaimana Possessed Hand bekerja sehingga dapat membuat seseorang yang tidak dapat memainkan alat musik, menjadi mahir memainkannya?

Possessed Hand bekerja dengan cara melilitkan belt yang terdiri dari 28 elektroda di lengan atas penggunanya, kemudian mengontrol tangan pengguna dengan menstimulasikan aliran listrik ke 16 sendi tangan sesuai gerakan yang dibuat, sehingga membuat jari tangan pengguna dapat bergerak sesuai perintah dan tentunya dapat dengan mahir memainkan alat musik yang digunakan oleh pengguna. Possessed Hand juga dapat dipakai oleh semua orang karena alat ini dapat mengkalibrasi sistem secara otomatis sesuai struktur tangan, otot, dan sendi penggunanya.

Possessed Hand terdiri dari pads & beltsswitching board, microcontroller (Arduino), timing volume serta baterai dan kondenser.

Sudah dapat kita bayangkan tentunya, jika sekarang Possessed Hand hanya dapat digunakan untuk pengguna alat musik koto (alat musik tradisional Jepang), jika nantinya dikembangkan dan dapat digunakan untuk berbagai alat musik yang ada, tentu Possessed Hand akan sangat banyak diminati.

COMMENT