SHARE THIS ARTICLE
Acara televisi di Jepang by google.com
Acara televisi di Jepang by google.com

Beda negara, beda pula acara televisinya. Masing-masing negara tentunya punya ciri khas masing-masing. Menilik acara televisi yang ada di negeri sakura, tentunya sangat berbeda dengan acara televisi yang ada di Indonesia. Berikut acara televisi yang terdapat di Jepang yang mempunyai rating cukup tingi, yaitu:

1.  Spot iklan

Acara ini sengaja dibuat hanya untuk promosi barang-barang terbaru yang dipromosikan lewat artis-artis Jepang. Acara ini berisi promosi suatu merek tertentu dan kebanyakan terdapat komedi yang diselipkan di dalamnya sehingga sangat menghibur penontonnya. Acara ini cukup tinggi mendapat rating di Jepang.

2. Liputan wisata dan hobi

Sebenarnya konsepnya hampir sama dengan acara wisata yang ada di indonesia, perbedaannya jika di Jepang liputan wisata dan hobi kebanyakan berisi tentang sejarah-sejarah peninggalan masa pemerintahan Jepang terdahulu. Meski agak membosankan, tetapi acara ini cukup banyak digemari masayarakat Jepang.

3. Kuis

Kuis di jepang by google.com
Kuis di Jepang by google.com

Kuis yang ada di Jepang berisi tentang kuis yang sifatnya menghibur, banyak terdapat komedi di dalamnya karena dibuat memang untuk hiburan saja. Meskipun ada kuis yang sifatnya agak serius, tapi kuis dengan unsur komedi paling banyak di Jepang. Acara kuis ini hampir sama dengan acara kuis yang ada di Indonesia.

4. Analisis peristiwa

Analisis peristiwa by google.com
Analisis peristiwa by google.com

Acara ini secara keseluruhan berisi tentang pengetahuan. Biasanya dipandu oleh beberapa panelis yang ahli di bidangnya dan membahas tentang suatu topik peristiwa yang sedang terjadi, misalnya kenapa kereta Shinkansen bisa melenceng jalurnya ketika gempa. Acara ini mengingatkan kita kepada acara “Bedah Editorial Media Indonesia” yang terdapat di Metro Tv.

5. Acara pendidikan

Ini dia, acara yang belum ada di indonesia. Acara ini sangat mendidik karena di dalamnya berisi bagaimana tokoh kenamaan, seperti seorang artis, atlet, ilmuan, maupun pakar terkenal mengajarkan anak SD yang tidak bisa apa-apa, menjadi ahli di bidangnya, seperti anak SD yang diajarkan menyanyi oleh artis terkenal hingga dia mahir dan menjadi juara. Para tokoh kenamaan ini mengajarkan anak-anak SD tersebut dengan suka rela dan sabar.

6. Berita

Berita yang ada di Jepang sangat berbeda dengan berita di Indonesia. Jika di Jepang, hal sekecil apapun dapat masuk berita, bahkan menjadi headline news, seperti berita truk masuk selokan. Jepang sangat kekurangan berita kriminal.

7. Film dan sinetron

Ini dia yang paling berbeda dengan Indonesia. Jika di indonesia film Hollywood dan India terbaru, juga sinetron sangat mendominasi, di Jepang relatif sedikit. Walaupun ada, film-film luar negeri yang diputar adalah film-film lawas saja. Sinetronnya juga sangat berbeda sekali dengan sinetron di indonesia. Jika di Indonesia sinetronnya tentang percintaan, pembunuhan, perebutan warisan, maka di Jepang isi sinetronnya tentang sejarah bangsa Jepang pada masa terdahulu, seperti zaman perang, samurai, dan sebagainya.

8. Ramalan Cuaca

Ramalan cuaca di Jepang by google.com
Ramalan cuaca di Jepang by google.com

Di Indonesia ramalan cuaca menjadi acara yang membosankan. Tetapi di Jepang, hampir 80% penduduknya menantikan acara ramalan cuaca. Ramalan cuaca di Jepang pun dikemas dengan konsep yang berbeda. Mereka tidak terlalu formal untuk ramalan cuaca, malah kadang terdapat unsur komedinya sehingga tidak membuat bosan para penontonnya.

Secara umum acara-acara televisi di Indonesia lebih menekankan eksplorasi emosi seperti kekerasan, sex, gaib, dan kriminal. Kita pastinya sudah tidak asing dengan sinetron kesedihan, sinetron kekerasan, terutama tayangan-tayangan mistik seperti dunia gaib, roh, dan sebagainya. Jika di Jepang, acara-acara televisinya lebih mengutamakan logika dan eksplore pemikiran. Sungguh sangat berbeda bukan?

Source : jadiberita.com
COMMENT