SHARE THIS ARTICLE

Mengulik Khasiat Herbal Jitu Bunga Iris (1)Bunga Iris adalah jenis tanaman hias yang berasal dari Jepang. Tak hanya sedap dipandang, bunga hias inipun memiliki potensi sebagai tanaman obat alami.

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam bunga Iris antara lain iridin, tanin, resin, amilum, asam miristat, dan iron. Tak heran, bunga Iris pun memiliki efek farmakologis seperti memiliki rasa yang pahit pedas, netral, sedikit beracun, dan sangat berkhasiat sebagai antiradang (antiinflamasi), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan pembekuan darah, dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Adapun cara aplikasi bunga Iris sebagai obat herbal ini sebagai berikut :

1. Untuk mengobati penyakit bisul, radang kulit bernanah, digigit ular atau serangga

Cara penggunaannya dengan menyiapkan akar rimpang Iris yang dicuci dan dihaluskan sampai seperti bubur lalu ditempelkan pada bagian kulit yang sakit.

2. Untuk mengobati sembelit

Cara penggunaannya dengan menyiapkan akar rimpang Iris secukupnya yang dicuci dan digiling hingga halus lalu ditempelkan pada perut terutama pada bagian pusar.

3. Untuk mengobati penyakit  sakit atau radang tenggorokan

Mengulik Khasiat Herbal Jitu Bunga Iris (2)Siapkan akar rimpang Iris secukupnya, lalu diblender dengan ditambahkan air secukupnya. Kemudian airnya dipakai untuk kumur-kumur.

4. Untuk mengobati gusi bengkak

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram akar rimpang Iris yang dicuci bersih dan diblender, ditambah dengan sedikit air lalu ditempelkan pada gusi yang sakit.

5. Untuk mengobati radang tenggorokan

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3-9 gram akar rimpang Iris kering atau 15-30 gram herba Iris dan 70 gram Lidah Buaya yang telah dikupas kulitnya, kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah agak dingin disaring lalu airnya diminum.

6. Untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan

Mengulik Khasiat Herbal Jitu Bunga Iris (3)Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3 gram akar rimpang  kering Iris yang dicuci bersih dan dihaluskan lalu direbus dengan 200 cc air sampai airnya mendidih, setelah dingin diminum.

7. Untuk mengobati penyakit mual dan perut kembung

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3 gram akar Iris kering yang dicuci bersih dan digiling lalu diseduh dengan 200 cc air mendidih, setelah  agak dingin diminum.

Atau siapkan 3-9 gram akar Iris kering yang dicuci bersih dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah agak dingin disaring lalu airnya diminum.

Atau siapkan 3-9 gram akar rimpang Iris kering dan 10 gram Akar Jail yang dicuci bersih dan digiling halus lalu diseduh dengan air mendidih, setelah agak dingin airnya diminum.

8. Untuk mengobati penyakit hepatitis

Mengulik Khasiat Herbal Jitu Bunga Iris (4)Cara penggunaannya dengan menyiapkan 6 gram akar rimpang Iris kering atau 15-30 gram herba dan 20 gram temulawak yang dicuci bersih dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminum selagi hangat.

9. Untuk mengobati penyakit pembengkakan ginjal

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram akar rimpang Iris yang dicuci bersih dan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, hangat-hangat disaring lalu airnya diminum.

10. Untuk mengobati luka terpukul

Mengulik Khasiat Herbal Jitu Bunga Iris (5)Cara penggunaannya dengan menyiapkan 10 gram akar rimpang Iris yang dicuci bersih dan dihaluskan atau dijus, kemudian tambahkan 200 cc air masak, diperas dan disaring lalu diminum.

11. Untuk mengobati keseleo dan luka bakar

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3-9 gram akar rimpang Iris kering yang dicuci bersih dan  digiling hingga halus, kemudian diseduh dengan air mendidih dan diminum secara teratur.

Source : elshinta.com
COMMENT