SHARE THIS ARTICLE

kameko bandung (1)

Apa itu Kameko.Bdg? Kameko.Bdg atau bisa disebut juga Kameko Bandung merupakan komunitas fotografer cosplay (kameko) yang ada di Bandung. Di Jepang sendiri, kameko berasal dari kata camera (カメラ) dan kozou (小僧) yang berarti camera boy atau anak lelaki berkamera. Kameko merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang muncul bersamaan dengan munculnya cosplay. Bisa dikatakan, kameko adalah yang mengabadikan atau memotret cosplayer.

kameko bandung (8)

kameko bandung (2)

Di Bandung sendiri hal-hal berbau Jejepangan sudah mulai menjamur, salah satunya cosplay. Diprakarsai oleh Bimantoro Tesa, berawal dari hobinya menjadi cosplayer dan photography, dia membentuk sebuah komunitas yang menampung para kameko yang berlokasi di sekitar Bandung dan menamakannya dengan Kameko.bdg pada tahun 2010 dengan “Fun Cosplay Photography” sebagai pedoman dalam aktifitasnya.

kameko bandung (1)

kameko bandung (3)

Fotografer dan kameko sebenarnya tidak ada bedanya, Hanya saja kameko lebih mengarah kepada foto cosplay. Foto cosplay itu sendiri dalam fotografi masuk ke dalam foto konsep, karena mulai dari karakter, kostum, dan penjiwaannya itu sudah mengandung konsep, dan kameko sendirinya pun harus mengetahui karakter yang digunakan oleh cosplayer sehingga membuat foto tersebut seakan-akan menjadi lebih hidup. Tidak mudah untuk menjadikan suatu karakter itu berada dalam diri seorang cosplayer. Karena itulah komunitas ini ingin mengabadikan para cosplayer melalui sebuah foto.

kameko bandung (6)

kameko bandung (5)

kameko bandung (7)

Dengan mengutamakan kekeluargaan di antara anggotanya, Kameko Bandung hingga saat ini memiliki sekitar 47 anggota aktif, anggotanya sendiri terdiri dari berbagai macam kalangan, mulai dari mahasiswa sampai yang sudah bekerja. Kegiatan Kameko sendiri di antaranya ialah mengadakan workshop fotografi bagi anggotanya, materi workshop tersebut meliputi basic photography, basic lighting, komposisi, hingga editing dan hanya diperuntukkan kepada anggota yang terdaftar tiap tahunnya.

kameko bandung (10)

 

Di samping mengabadikan cosplayer di event Jejepangan, kegiatan Kameko Bandung di luar itu yaitu mengadakan photo session dengan sejumlah cosplayer yang ada di Bandung, baik itu request dari cosplayer maupun request dari kameko kepada cosplayer, beruntung Bandung mempunyai spot-spot yang menarik untuk menjadi lokasi pemotretan. Selain itu komunitas ini juga sering melakukan aktifitas di luar photography seperti kumpul bareng, nonton film, karaoke, sharing hingga curhat dadakan.

kameko bandung (14)

 

kameko bandung (11)

Untuk menjadi anggota Kameko.bdg sangatlah mudah, tidak diharuskan mempunyai kamera berteknologi tinggi semacam DSLR, bahkan yang tidak mempunyai kamera sekalipun, di komunitas ini belajar dan berbagi pengetahuan, bersama yang penting adalah niat untuk belajar.

Untuk teknis perekrutannya, Kameko.Bdg membuka Open Recruitment setiap tahunnya yang akan dikabarkan melalui Fan Page Kameko.Bdg di Facebook. Dan untuk cosplayer yang ingin mengadakan photo session bersama Kameko.Bdg, kalian langsung saja hubungi mereka di Facebook dan langsung merundingkan detail phoses-nya, mulai dari karakter, jumlah cosplayer, waktu pemotretan dan juga tempat. Tidak ada bayaran untuk setiap phoses-nya alias gratis!, hanya saja kalian harus menyesuaikan dengan jadwal para kameko-nya.

kameko bandung (15) kameko bandung (13) kameko bandung (12)

Hingga saat ini Kameko.Bdg sudah berpartisipasi dalam beberapa event resmi di antaranya:
-Cosplay photo booth resmi di Ennichisai 2013
-Dokumentasi acara di JOSAF 2014
-Dokumentasi acara di BJF 2014

Selain di Bandung, mereka juga mempunyai beberapa cabang komunitas di kota lain seperti di Malang dan Jember dengan nama Kameko.Mlg dan Kameko.Jbr. Kameko.Bdg mempunyai 2 maskot karakter, yaitu Hitomi Midorikawa dan Hiromi Midorikawa.

kameko bandung (9)

Untuk mengenal lebih lanjut tentang komunitas ini dan melihat Gallery Photo mereka, silahkan kunjungi Fan Page Kameko.Bdg di Facebook.

Facebook: Kameko.bdg
Twitter: Kameko.bdg (@kameko_bdg)
Instagram: Kameko.bdg
Youtube: Kameko.bdg

 

COMMENT