SHARE THIS ARTICLE

Di tengah hingar bingar konten digital dan kreatif suguhan Popcon Asia 2016, sangat menarik menjumpai satu tempat yang disediakan khusus bagi para pengunjung untuk saling duduk bersama di atas meja dan memainkan satu permainan seru. Setiap meja berbeda-beda. Ada yang bertema prehistorik, ada yang bertema futuristik dan di satu sisi ada yang konyol dan cukup menarik. Terkadang ada yang memakai kartu, namun ada juga yang memakai pion-pion seperti catur. Ternyata itulah yang dinamakan board game, permainan yang dilakukan di atas meja yang harus dimainkan dengan beberapa orang.

Mengenal Lebih Dekat Board Game di Popcon Asia 2016 (4)

Sayangnya, melihat saja tidak mampu menyingkirkan rasa penasaran untuk mengetahuinya lebih jauh. Untungnya pertemuan dengan Robin mampu menyingkirkan kebingungan tersebut. Pemilik toko board game tersebut pun secara sabar menjelaskan segala sesuatu yang ada di dalamnya.

Mengenal Lebih Dekat Board Game di Popcon Asia 2016 (7)

Menurut Robin, tidak melulu board game harus disediakan dengan papan permainan dan pion seperti layaknya monopoly. Dengan kartu dan dadu saja sudah bisa disebut board game. Yang pasti game ini tidak menarik untuk dilakukan sendiri. Harus dengan teman, keluarga atau orang asing sekalipun.

Mengenal Lebih Dekat Board Game di Popcon Asia 2016 (3)

Ada 3 jenis board game secara garis besar. Pertama adalah tematik yang cara mainnya sama seperti game RPG di mana pemain akan mengikuti alur cerita yang disediakan. Setiap langkah berpengaruh terhadap jalannya cerita. Judul populer di jenis ini adalah Shadows of Brimstone.

Mengenal Lebih Dekat Board Game di Popcon Asia 2016 (8)

Yang kedua adalah jenis strategi. Bagi mereka yang pernah memainkan Castle of Mad King Ludwig, pasti akan merasakan bagaimana serunya mengatur strategi dalam board game ini. Beberapa judul lain berfokus pada resources sehingga pengaturan dan alokasinya sangat berpengaruh besar dalam  permainan.

Mengenal Lebih Dekat Board Game di Popcon Asia 2016 (5)

Terakhir adalah game party dan small game. Jenis ini yang paling populer di kalangan umum dan paling banyak hadir di kafe-kafe. Paling nyaman untuk dimainkan sembari menunggu makanan datang.

Mengenal Lebih Dekat Board Game di Popcon Asia 2016 (10)

Melihat tren yang berjalan sekarang, Robin melihat adanya pertumbuhan pesat di kalangan para pemain. Terhitung dari akhir 2014, sudah hampir 3 kali lipat penggemar board game sekarang. Tidak hanya pemain, pengembang board game lokal pun sudah banyak bermunculan dengan permainan berkualitas bagus. Jadi penasaran bukan untuk bermain? Ada yang pernah mencobanya? Apa permainan favorit kalian?

Foto: Amozy Audrey

COMMENT