SHARE THIS ARTICLE

Popularitas anime Naruto di seluruh dunia, tak luput dari peran serta pengisi suaranya, Junko Takeuchi. Berkat dirinyalah, karakter Naruto yang berasal dari manga karangan Masashi Kishimoto itu menjadi lebih hidup.

junko_takeuchi (1)

Lantas, siapakah sebenarnya Junko Takeuchi? Apa saja anime yang pernah digeluti olehnya? Berikut gambaran singkat sang aktris.

Jika Anda mengira Junko Takeuchi adalah seorang pria, berarti tebakan Anda salah. Junko adalah seorang wanita kelahiran Saitama, 5 April 1972. Namanya lebih dikenal sebagai pengisi suara (dubber) atau seiyuu (istilah di Jepang) beberapa anime ternama.

junko_takeuchi (2)

Sebelum mengisi suara Naruto, Junko sempat menghidupkan karakter Gon Freecss di anime Hunter x Hunter versi lawas yang mengudara pada 1999 silam. Memang kebanyakan karakter yang diisi oleh suaranya adalah laki-laki muda dengan watak unik dan konyol.

Selain Naruto dan `Hunter x Hunter`, Junko juga pernah terlibat di anime top lainnya seperti Rurouni Kenshin (Samurai X) sebagai Honjo Kamatari, Digimon Frontier sebagai Takuya Kanbara, Onegai My Melody sebagai Kuromi, Inazuma Eleven sebagai Endou Mamoru sekaligus Endou Kanon, dan di anime One Piece sebagai Sabo.

junko_takeuchi (3)

Uniknya, wanita yang memiliki golongan darah B ini, memiliki hobi membaca sekaligus menonton pertandingan gulat profesional. Menyanyi juga menjadi salah satu bidang yang sedang ditekuninya.

Suaranya yang terkesan sangat maskulin, turut menghasilkan beberapa tembang khusus anime Naruto seperti OH! ENKA!, Life Goes On, Naruto’s Neko Song, dan Gyu-ru-ru. Beberapa lagu untuk anime Hunter x Hunter dan Digimon juga sempat ia nyanyikan.

junko_takeuchi (4)

Kini, Junko Takeuchi telah memiliki seorang anak laki-laki yang lahir pada 2012 lalu. Ia juga tengah bekerja untuk proyek multimedia bernama Love Live! sejak 2005.

Kontribusi Junko Takeuchi di dunia anime telah memberikan nuansa tersendiri. Sedikit banyak, Naruto telah menjadi bagian dari dirinya. Ia telah menjadi aset yang besar bagi perkembangan industri anime di Jepang. Bahkan, ajang Comic-Con International pun sering disambanginya.

COMMENT