SHARE THIS ARTICLE

“AKB48. Wow.
Everybody! A live act never seen before
Here in world famous Akihabara, These angels have come down to perform for you
Are you ready?Are you ready?
A! K! B! 48! A! K! B! 48!
Come on! Are you ready?”
– AKB48 Overture

Jepang , sebuah negara di Asia Timur yang memiliki banyak ide aneh dan tidak masuk akal tapi dapat direalisasikan dan mengantarkan mereka kepada kesuksesan. Jepang di Indonesia sudah sangat dikenal, orang lama mungkin mengingat Jepang sebagai penjajah. Di masa kini Jepang dikenal sebagai negara penghasil hiburan , seperti Anime dan Manga. Dan akhir akhir ini Jepang semakin dikenal karena adanya JKT48 yang merupakan sister group dari AKB48. Hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang ingin tahu apa sebenarnya AKB48 itu.

AKB48 adalah Idol Group yang berbasis di Akihabara, Tokyo yang diprakarsai oleh Yasushi Akimoto. Berdiri pada 8 Desember 2005, AKB48 sudah memasuki tahun ketujuhnya. Selama itu pula AKB48 berkembang baik dengan kritikan maupun saran dari pendukung maupun pembencinya. Hal tersebut benar benar menunjukan bahwa AKB48 adalah sebuah grup yang berkembang bersama fansnya, mereka berkembang baik secara individual maupun secara grup. Dan itulah salah satu daya tarik dari Idol Group yang satu ini.

Ada beberapa alasan yang mungkin bisa membuat anda tertarik untuk mengikuti Idol Group yang satu ini. Yang pertama, Jumlah member yang banyak dengan berbagai personality dan appearance. Ini bisa menjadi kekurangan sekaligus menjadi kelebihan. Kekurangan karena biasanya orang yang pertama melihat akan merasa jika begitu banyak anggota membuat mereka pusing. Tapi hal tersebut justru menjadi nilai tambah bagi AKB48, karena kita bisa memilih seseorang untuk dijadikan oshimen (Member Favorit), dan semakin kita mengikuti interaksinya dengan member lain atau reaksinya atas sesuatu hal baik melalui blog pribadinya, Google+, twitter ataupun variety show, kita akan semakin merasa dekat dengan member tersebut, dan akan semakin menarik. Dan setelah itu juga tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti member yang lain.

Yang Kedua, mimpi. Idol adalah pekerjaan yang menjual mimpi, begitulah kata sebagian orang. Hanya dengan melihat mereka tersenyum atau menari dari balik layar kaca, mungkin bisa membuat seseorang menjadi semangat kembali. Dengan melihat dokumenter mereka, kita bisa berusaha untuk berjuang sekeras mereka atau hanya sekedar mengambil beberapa kata-kata mutiara yang disampaikan oleh Yasushi Akimoto. Atau mungkin membuat seseorang berusaha lebih keras demi untuk bisa bertemu langsung dengan idolanya. Mengutip kata-kata seseorang, “Being deeply loved by AKB gives you Miracle, while loving AKB deeply gives you courage & Inspiration.. Because of that, our love for 48 Family is growing.” Begitulah kira kira gambaran hubungan antara Idol dengan fansnya dalam AKB48.

Yang ketiga, drama dan kejutan. Dulu karena suatu hal, saya sempat berhenti mengikuti AKB48, tapi drama dan kejutan di AKB48 inilah yang membuat saya mengikuti Idol Group ini lagi. Di setiap konser atau acaranya, fans harus selalu siap untuk menerima pengumuman kejutan baik pengumuman yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan. Seperti yang terjadi di konser Saitama Super Arena yang lalu, Maeda Atsuko, the face of AKB, mengumumkan graduationnya, sesuatu yang sama sekali tidak disangka-sangka. Begitu pula ketika beberapa tahun yang lalu, penentuan member yang muncul di Single dengan turnamen Janken untuk pertama kali. Jika ditarik lebih lama lagi, penentuan member yang muncul di Single dengan pemilihan oleh fans juga merupakan sebuah kejutan yang besar. Munculnya AKB48 dalam format band, graduation, promotion, semuanya merupakan kejutan. Dari semua drama dalam AKB48, drama terbesar adalah yang terjadi pada General Election. Bagaimana usaha mereka dan apakah usaha mereka terbayar saat itu, tangisan kebahagiaan, tangisan kesedihan, semuanya terjadi.

Jadi, AKB48 bukanlah sekedar musik, tapi bisa dikatakan segalanya ada dalam AKB48. Musik hanyalah salah satu bumbu darinya. Sangat kurang rasanya jika hanya menikmati musiknya saja, masih banyak yang bisa dieksplorasi dari sebuah idol group bernama AKB48 ini dan anda tidak akan merasa rugi jika mengikuti idol group yang satu ini. AKB48 itu seperti pasir hisap, begitu anda terperangkap didalamnya anda akan sulit untuk keluar, tapi bedanya, terhisap dalam pasir AKB48 adalah sebuah kebahagiaan. 🙂

COMMENT