SHARE THIS ARTICLE

Bagi Kyoko Shimazu, gangguan syaraf yang dikenal sebagai penyakit Parkinson tidak menghalanginya untuk berhenti berkarya. Mangaka wanita yang dikenal dengan karya berjudul Nurse Station ini mencurahkan pengalaman hidupnya dalam bentuk manga autobiografi berjudul Mangaka, Parkinson-byou ni Naru (Seorang Mangaka dengan Parkinson).

Shimazu pertama kali mengalami tanda-tanda Parkinson di tahun 2001. Kala itu dia mengalami getaran yang tidak dapat dikendalikan di tangan dan menjalar sampai ke sebelah kanan tubuh. Dokter menyarankan agar dia rileks dan Shimazu pun berhenti membuat manga dan banyak beristirahat.

Sayangnya gejala-gejala tersebut semakin menguat dan setelah mengunjungi beberapa dokter dalam 7 tahun terakhir, Shimazu menemukan bahwa dirinya menderita Parkinson, sebuah penyakit yang dapat menghilangkan fungsi syaraf pada tubuh.

Sekarang Shimazu telah kehilangan kemampuan berbicara dan mengalami kesulitan berjalan. Namun dia tetap mampu mengungkapkan perasaannya dan mengingat pengalamannya dalam karyanya tersebut.

Melalui karyanya ini juga dia mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukungnya saat kondisi berada di bawah. Satu lagi contoh positif yang dapat dibuat seseorang saat berada dalam kondisi terburuk. Mari kita mendoakan yang terbaik bagi Shimazu.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT