SHARE THIS ARTICLE
Image: KPF
Image: KPF

Berbagai macam resiko bencana yang dapat terjadi di Tokyo dalam kurun waktu 2015 hingga 2025 sudah mencapai batas tertinggi, menempatkan ibu kota Jepang ini dalam kota paling beresiko kedua setelah Taipei oleh Lloyd City Risk Index. Menanggapi hal tersebut sebuah penyedia jasa arsitekur bernama KPF datang dengan rencana futuristik bernama Nex Tokyo, sebuah tata kota terapung dan memiliki menara tinggi di tengah-tengah teluk Tokyo.

image: KPF
image: KPF

KPF yang dikepalai oleh arsitek ternama David Malott memang memiliki ciri khas membangun menara tinggi, di mana 3 di antara 10 menara tertinggi di dunia adalah rancangannya. KPF sendiri sudah kerap berpartisipasi dengan pemerintah Jepang untuk menata ulang kota seperti Roppongi Hills dan Otemachi Tower. Bila sukses, Next Tokyo akan menjadi proyek terbesar yang pernah dibuat, sebab menaranya akan memiliki tinggi mencapai 1600 meter dan melayang di atas permukaan air!

Mallot percaya akan selalu ada peningkatan di ketinggian bangunan dan tren ini akan selalu terus berlanjut (image: KPF)
Mallot percaya akan selalu ada peningkatan di ketinggian bangunan dan tren ini akan selalu terus berlanjut (Image: KPF)

Kendati terlihat seperti cerita fiksi ilmiah, rencana ini sebenarnya sudah pernah dibuat oleh arsitek legendaris Jepang Kenzo Tange. Kenzo memimpikan sebuah kota di tengah-tengah Teluk Tokyo yang memanjang, melintasi laut. Terinspirasi atau memang sudah waktunya? Apa menurut kalian rencana kota terapung seperti ini juga cocok diterapkan di negara kita?

KPF_kenzo-tange
Kenzo Tange pernah membuat presentasi akan rencana ini pada tahun 1961 di NHK TV, sedangkan Malott mengungkapkan hal yang sama 55 tahun kemudian di NHK TV. Kebetulankah? (Image: KPF)
Source : spoon-tamago.com
COMMENT