SHARE THIS ARTICLE
Sushi roll (Foto:Shutterstock)
Sushi roll (Foto:Shutterstock)

Nasi sushi atau biasa disebut shari atau sushi meshi, merupakan bahan terpenting dalam membuat sushi. Namun tidak semua jenis beras bisa digunakan untuk membuat sushi.

Menurut Chef Nuro, chef yang khusus menangani makanan dari Asia di salah satu hotel di Dubai, syarat dalam membuat nasi sushi yang benar adalah dilihat berdasarkan tingkat kelengketan dari jenis nasinya.

Jenis beras Jepang adalah yang paling sempurna untuk dibuat nasi sushi,” ujar Chef Nuro yang dihubungi Okezone melalui pesan singkat.

Beras Jepang memiliki bentuk buliran yang bulat-bulat pendek. Nasi yang dihasilkan dari jenis beras ini memiliki tekstur yang lebih elastis namun tidak terlalu lengket. Untuk membuat sushi, nasi biasanya diberi tambahan cuka beras, sehingga butir-butir nasinya lebih melekat dan tidak mudah berguguran.

Beras biasa, lanjut Nuro, tidak bisa diolah menjadi sushi karena tidak bisa melekat saat digulung. Untuk membuat sushi, biasanya chef menambahkan mirin atau bumbu masakan khas Jepang ke dalam nasi, hal ini dilakukan agar sushi yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih lezat.

Dalam membuat sushi, berbeda dengan membuat olahan makanan lain karena chef harus memiliki keahlian dalam menata bahan isian sushi serta harus mahir menggulung sushi menggunakan makisu, yaitu alat dari bambu dan potongan benang untuk menggulung sushi.

Membuat sushi tidak boleh asal-asalan, karena jika tidak ahli, hasilnya akan berantakan,” pungkas Chef Nuro.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT